News

FTK LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya Kukuhkan 697 Guru Profesional PAI dan Madrasah Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2021

FTK LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya Kukuhkan 697 Guru Profesional PAI dan Madrasah Pendidikan Profesi Guru  Dalam Jabatan Tahun 2021

Sebagai rangkaian akhir dari perjalanan Program Profesi Guru tahun 2021, LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan Yudisium dan Pengukuhan Guru Profesional pada hari Jumat (31/12/21). Kegiatan ini merupakan tahap terakhir yang mengesahkan kelulusan para mahasiswa peserta PPG baik angkatan pertama maupun angkatan kedua PAI dan Madrasah yang telah melalui keseluruhan program PPG yang dimulai sejak bulan Mei hingga Desember tahun dan telah berhasil melampaui Uji Kompetensi Mahasiswa PPG baik Uji Pengetahuan maupun Uji Kinerja.

Kegiatan pengukuhan ini dilaksanakan secara luring dan daring. Terdapat sejumlah 97 peserta yang hadir  secara luring dan 600 peserta yang hadir secara daring sehingga total terdapat 697 orang peserta yang mengikuti Pengukuhan Guru Profesional. Kegiatan luring dilaksanakan di Hotel Swiss-Bell Inn, Sidoarjo, sementara daring dilaksanakan melalui Zoom Cloud Meeting.

Prosesi pengukuhan diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA bersama-sama sebelum pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan SK kelulusan mahasiswa PPG Angkatan 1 dan 2 oleh Bapak Prof. Dr. H. Ah. Zakki Fuad, M.Ag selaku ketua Pengelola PPG PAI dan Ibu Prof Dr. Hj. Jauharoti Alfin, M.Si selaku ketua Pengelola PPG Madrasah.

Selanjutnya, para peserta yang hadir dikukuhkan sebagai Guru Profesional oleh Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag, Ph.D yang didampingi oleh Wakil Rektor 2 dan Wakil Rektor 3 serta disaksikan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan,  Prof. Dr. H. Suyitno, M.Ag dan oleh beberapa pejabat lainnya baik dari lingkup Kementerian Agama maupun dari Pemerintah Daerah yang bekerja sama dengan LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya dalam penyelenggaraan PPG tahun 2021 ini . Kegiatan yudisium dan pengukuhan guru profesional ini juga dihadiri oleh jajaran piminan Fakultas Tarbiyah yang meliputi pimpinan jurusan dan pimpinan prodi serta dosen dan guru pamong yang terlibat dalam PPG Dalam Jabatan LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya.

Setelah pengukuhan, sambutan diberikan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Prof. Dr. H. Ali Mas’ud, M.Ag., M.Pd.I dan dilanjutkan oleh Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. H. Masdar Hilmy, M.A., Ph.D. “Panggilan Guru Profesional merupakan tanggung jawab dan tantangan yang artinya bahwa predikat Guru Profesional bukanlah main-main, tapi merupakan amanat untuk menjalankan tugas-tugas dan tanggung jawab sebagai guru dengan penguasaan 4 kompetensi.” ujar Retor UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Prof. H. Masdar Hilmy, M.A., Ph.D dalam sambutan yg beliau berikan. Sementara itu, pada orasi ilmiah yang diberikan oleh Prof. Suyitno, beliau menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas diraihnya predikat guru profesional bagi mahasiswa PPG yang hadir dalam kegiatan. Prof Suyitno juga memberikan pesan bagi para guru profesional memiliki tugas penting untuk mencerdaskan dan mencerahkan anak-anak bangsa di era baru sehingga mereka bisa melwati dengan baik dan mengeluarkan potensinya dengan guru profesional memfasilitasi hal tersebut. “Menjadi guru merupakan panggilan jiwa, tidak hanya pemenuhan 4 kompetensi. Dengan atau tanpa PPG, guru tetap harus kerja profesional,” ujar Pak Suyitno. Banyak saran dan pesan yang pada hari ini diterima oleh para peserta yudisium dan pengukuhan untuk dapat diterapkan demi masa depan pendidikan Indonesia.

Prosesi yudisium dan pengukuhan Guru Profesional berlanjut pada sesi pembacaan lampiran SK terkait nama-nama lulusan baik bagi peserta yang hadir secara daring maupun luring. Lampiran dibacakan oleh Bapak Dr. Taufik Siraj, M.Pd.I dan Bapak Dr. H. Muh. Khoirul Rifai, M.Pd.I selaku sekretaris pengelola PPG. Usai semua nama lulusan dibacakan, acara dilanjutkan dengan penyematan pin Guru Profesional oleh para pimpinan dan pejabat pada perwakilan peserta diikuti oleh seluruh peserta PPG. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Guru Profesional yang juga diikuti oleh penyampaian kesan dan pesan mahasiswa. Pesan dan kesan Dosen dan doa bersama menjadi kegiatan akhir dari rangkaian acara prosesi Yudisium dan Pengukuhan Guru Profesional LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Dengan berakhirnya yudisium dan pengukuhan ini, maka berakhirlah pula PPG Daljab Tahun 2021 dan LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya siap untuk penyelenggaraan PPG berikutnya.