ABOUT OUR DEPARTMENT

Program Studi Agama Agama diselenggarakan dengan menggunakan pendekatan saintifik-kritis dan berbagai metode yang mengkombinasikan antara studi teoritis, riset, dan praktis. Program riset yang dikembangkan pada Prodi ini menjangkau mulai dari isu-isu keagamaan normatif hingga praktik keagamaan dalam kehidupan sehari-hari dengan semangat penghormatan atas berbagai tradisi keagamaan.

Vision

Menjadi pusat studi agama-agama yang unggul dan kompetitif melalui penyelenggaraan kegiatan akademik yang kontekstual dan dialogis, serta pengembangan potensi kepemimpinan mahasiswa.

Mission

  1. Menyelenggarakan pendidikan interdisipliner dalam bidang studi agama-agama secara kontekstual dan dialogis.
  2. Mengembangkan riset dan publikasi ilmiah dalam bidang kehidupan sosial-keagamaan yang mampu mempromosikan pemahaman lintas-iman dan nilai-nilai perdamaian.
  3. Menyelenggarakan forum-forum ilmiah yang berkontribusi pada pengembangan keilmuan dan perdamaian.
  4. Menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk para pemimpin muda dalam rangka mengembangkan kemampuan dan kepemimpinan di bidang dialog lintas-iman dan perdamaian.
  5. Mengembangkan layanan sosial yang mampu memberi kontribusi pada upaya-upaya perdamaian dan resolusi konflik berbasis pada nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan.
  6. Membangun kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka memperkuat kelembagaan Prodi Studi Agama-agama.

IN COLLABORATION WITH

The Studi Agama Agama has established cooperation with various institutions and universities, both at home and abroad. Following are some of the list of institutions and universities that work with Studi Agama Agama.