News

PENGAYAAN PENGALAMAN PEMBELAJARAN MAHASISWA INTERNASIONAL DI UINSA

PENGAYAAN PENGALAMAN PEMBELAJARAN MAHASISWA INTERNASIONAL DI UINSA

(17 agustus-an di UNUSA)

Menjadi International Student di Uin Sunan Ampel Surabaya,merupakan pengalaman yang memberikan banyak pembelajaran sekaligus hiburan.

Di antara beberapa kegiatan yang di ikuti oleh para mahasiswa asing dari beberapa negara yang sedang studi di UINSA adalah mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) di berbagai desa dan berbaur langsung dengan masyarakat dan mengikuti berbagai program praktek kerja lapangan (PPL) yg memang dikembangkan oleh fakultas/prodi yang memberikan kesempatan untuk bisa belajar dan mengaplikasikan ilmu di berbagai  mitra Lembaga, komunitas atau kantor yang sesuai dengan keilmuan. Selain itu, para mahasiswa asing juga mendapatkan kesempatan pengayaan pengalaman dengan mengikuti berbagai forum dan kegiatan bersifat mendidik juga memperkaya pemahaman dan pengalaman multikulturalism atau ragam budaya baik. Kegiatan ini beragam mulai dari yang diadakan oleh UINSA sendiri dan juga diadakan di kampus-kampus lain.

Pada tanggal 18 agustus 2022, mahasiswa internasional UINSA mengikuti kegiatan perayaan 17 agustus 2022 yg di adakan di UNUSA. Abdirihim sebagai perwakilan dari  UINSA menceritakan beberapa kesan menarik dan pembelajaran yang ia dapatkan  dari pengalaman tersebut . Ia menjelaskan sebagai berikut“ ada lomba sack race, eating cracker, competition, collecting rubber bands, clogs race dan round bamboo tray”.

Abdirihim menambahkan “saya merasa seperti sedang menikmati,juga bertemu dengan banyak negara di dunia dan universitas yang berbeda di Indonesia,ini pertama kalinya saya dan saya sangat senang untuk bersaing dan berpartisipasi dalam peringatan 77 tahun kemerdekaan Indonesia”.

UINSA berkomitmen untuk mendorong optimalisasi pembelajaran baik akademik maupun lainnya termasuk pengalaman pengayaan kebudayaan bagi para mahasiswa internasional melalui berbagai ke mitraan dengan lembaga lain termasuk perguruan tinggi seperti UNUSA.

Selamat belajar dari kampus dan dari berbagai ruang kehidupan lainnya wahai para mahasiswa Internasional UINSA.

 

(NN (ed, Ar), International Office of UINSA)