News

Perpustakaan UINSA Gelar Workshop Otomasi Perpustakaan Untuk Pengelola Perpustakaan Madrasah dan PTKIS

Perpustakaan UINSA Gelar Workshop Otomasi Perpustakaan Untuk Pengelola Perpustakaan Madrasah dan PTKIS

Workshop otomasi perpustakaan menjadi salah satu kegiatan yang diadakan oleh Perpustakaan UINSA dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan 2022. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari senin (12/9) di perpustakaan UINSA Kampus Ahmad Yani ini dihadiri oleh 32 peserta yang berasal dari pustakawan dan pengelola perpustakaan sekolah dan PTKIS.

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. selaku kepala perpustakaan. Dalam sambutannya beliau berharap bahwa perpustakaan menjadi centrum dalam pendidikan.

“Saya berharap perpustakaan tidak dilihat sebelah mata. Tapi semua orang menuju ke perpustakaan sebagai pusat dalam pendidikan.” Ungkap kepala perpustakaan.

Setelah sambutan dari kepala perpustakaan, sesi pembukaan workshop ini dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Drs. Habib, MM. Tidak berhenti sampai disitu, kegiatan workshop ini pun memasuki acara inti, yaitu pemaparan materi oleh dua narasumber yang berkompeten di bidangnya. Adapun narasumber dalam kegiatan ini yaitu Joko Susilo, S.M. dan Hary Supriyatno, S.Ag., M.Pd., dimana keduanya merupakan pustakawan UINSA.

Pada sesi ini, Joko Susilo memaparkan terkait pengenalan dan cara instalasi software otomasi perpustakaan, diantaranya yaitu instalasi XAMPP, instalasi SLiMS dan cara memodifikasi template. Sementara Hary Supriyatno mengajak para peserta untuk mempraktikkan pemanfaatan menu otomasi perpustakaan, SLiMS. Sehingga para peserta dapat mempraktikkan langsung cara menggunakan software tersebut.

Melalui kegiatan workshop ini, Perpustakaan UINSA berharap para peserta dapat mengembangkan perpustakaan di tempat masing-masing dengan cara menerapkan software otomasi perpustakaan guna memudahkan temu kembali informasi. (Ran-Dep)