News

Perpustakaan Bekerjasama dengan FPK UINSA Lakukan Pendampingan Ruang Baca

Perpustakaan Bekerjasama dengan FPK UINSA Lakukan Pendampingan Ruang Baca

Jumat, 11 November 2022, Ummi Rodliyah, S.Ag., S.IPI., M.Hum. dan Imroatul Mufidah, S.IIP (Pustakawan UINSA) menjadi narasumber dalam kegiatan pendampingan pengelolaan ruang baca di Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) UINSA. Kegiatan yang dipandu oleh Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si. (Wakil Dekan I) ini turut dihadiri oleh  Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. (Dekan FPK), staf, pengelola ruang baca, dan mahasiswa FPK.

Dalam sambutannya, Dekan FPK menyebutkan bahwa ruang baca yang telah didirikan sekitar tahun 2006 ini dimulai dari semangat dosen dan mahasiswa mengumpulkan jurnal fakultas-fakultas di universitas lain hingga menambah ke koleksi umum. Oleh karena itu, Dekan FPK berharap melalui kegiatan ini dapat bersinergi dengan perpustakaan agar ruang baca di FPK memiliki tata kelola yang baik dan benar.

Pada kesempatan ini, Ummi Rodliyah menyampaikan tata cara penggunaan e-resource yang dilanggan oleh perpustakaan seperti e-journal (cambride, springer nature), e-book dan lain sebagainya. Tidak hanya pemaparan secara lisan, narasumber juga mengajak peserta untuk praktik langsung menggunakan gadget yang dimiliki. Selain itu, narasumber juga memaparkan dan mempraktikkan terkait teknis pengelolaan buku dengan menggunakan SLiMS, mulai dari inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, entry data, labeling hingga shelving.

Pada sesi terakhir, Imroatul Mufidah turut memotivasi mahasiswa untuk lebih giat memanfaatkan e-journal dan e-book yang dilanggan oleh perpustakaan serta membagikan informasi tersebut kepada mahasiswa lainnya. Kedua narasumber juga berharap kepada sivitas akademika FPK UINSA, khususnya kepada pengelola ruang baca agar memiliki semangat untuk berkontribusi dalam mengembangkan ruang baca di FPK. (Fid-Dep)