News

Perkuat Kelembagaan, Perpustakaan UINSA dan APPTIS Jatim Selenggarakan Seminar Nasional Penguatan Kelembagaan Perpustakaan PTKI

Perkuat Kelembagaan, Perpustakaan UINSA dan APPTIS Jatim Selenggarakan Seminar Nasional Penguatan Kelembagaan Perpustakaan PTKI

Selasa, 02 Agustus 2022. Perpustakaan UINSA bekerjasama dengan Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam Jawa Timur (APPTIS Jatim) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Penguatan Kelembagaan Perpustakaan PTKI. Seminar yang diadakan di Twin Towers A lantai 9 ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan perpustakaan UINSA dalam menjadi penggerak untuk meningkatkan kualitas kelembagaan perpustakaan di PTKI, khususnya dalam akreditasi perpustakaan perguruan tinggi.

Kegiatan seminar ini diawali dengan sambutan oleh Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. selaku kepala perpustakaan UINSA. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan dengan adanya seminar ini para peserta mendapatkan hal yang bermanfaat untuk pengembangan perpustakaan.

“kita dapat saling take and give, berinformasi tentang keunggulan yang sudah dilakukan dan apa yang bisa kami layani atau inisisasi mealui pengelolaan perpustakaan. Selamat berseminar semoga di akhir sesi ini nanti kia mendapatkan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk pengembangan perpustakaan.” Ujar Prof. Evi.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua APPTIS Jatim yaitu Mufid, S.S., M.Hum. Pada kesempatan ini, beliau mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk bersinergi dengan UINSA dan para asesor yang telah bersedia untuk berbagi pengalaman. Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa tidak ada perpustakaan perguruan tinggi yang bias besar tanpa bermitra. Sehingga kegiatan ini dapat menjadi awal bagi perpustakaan untuk saling bersinergi.

Pada kesempatan ini, Rektor UINSA yaitu Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. melalui zoom meeting turut memberikan sambutan sekaligus membuka seminar. Prof. Muzakki menjelaskan bahwa dalam konteks pengembangan perpustakaan, era sinergi atau era kolaborasi menjadi sangat penting untuk diperkuat. Hal ini dikarenakan dengan bersinergi, kita dapat meningkatkan mutu perpustakaan agar eksistensi perpustakaan dapat memperkuat untuk kemajuan peradaban.

“Kita ingin mengembalikan marwah perpstakaan. Perpustakaan tidak hanya sebagai koleksi material saja tetapi sekaligus juga ruang dimana kita dapat memproduksi gagasan dan memperkuat keilmuan untuk kemajuan peradaban.” Ungkap Prof. Muzakki.

Lebih lanjut, Rektor UINSA memberikan amanah kepada Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (AAKK) yaitu Dr. H. Mamat Salamet Burhanuddin, M.Ag. untuk memberikan pengarahan lebih lanjut. Kepala Biro AAKK menjelaskan bahwa pentingnya eksistensi perpustakaan di perguruan tinggi, dimana karakteristik mahasiswa saat ini berasal dari generasi milenial. Sehingga kita harus berbenah diri agar dapat melayani pemustaka dengan optimal. Bagus atau tidaknya, bermutu atau tidaknya seringkali kita terjebak dengan penilaian diri sendiri, sehingga dibutuhkan orang lain untuk menilai kemajuan perpustakaan dalam hal ini adalah akreditasi.