News

Lomba Story Telling Menjadi Lomba Puncak Pekan Kunjung Perpustakaan UINSA

Lomba Story Telling Menjadi Lomba Puncak Pekan Kunjung Perpustakaan UINSA

Pekan Kunjung Perpustakaan (PKP) 2022 telah mencapai pada penghujung pelaksanaan. Dalam PKP 2022 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan UINSA telah digelar berbagai event dan juga lomba yang ditujukan untuk berbagai kalangan baik dalam lingkup instansi maupun masyarakat umum. Hal ini mendapatkan respon baik. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung dan peserta lomba yang ikut serta untuk memeriahkan Pekan Kunjung Perpustakaan ini. Lomba story telling menjadi lomba penutup yang diselenggarakan di perpustakaan UINSA pada hari rabu (14/9) dengan peserta lomba adalah siswa SD/MI se-Surabaya.

Sebelum lomba story telling dilaksanakan, para peserta berkumpul untuk melakukan technical meeting (TM) terlebih dahulu, sebelum diarahkan menuju panggung untuk mempersiapkan penampilan. Lomba dimulai dengan sambutan kepala perpustakaan UINSA yaitu Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag.

Lomba ini diikuti oleh 17 peserta dari SD/MI se-Surabaya dengan berbagai tingkatan kelas. “Belajar Asyik di Perpustakaan” yang menjadi tema dalam lomba ini diharapakan dapat dikemas dalam bentuk narasi yang diceritakan sehingga menarik masyarakat untuk datang ke perpustakaan.

Tidak hanya berstory telling, namun banyak dari peserta juga menampilkan aksi tambahan seperti menyanyi, menari, pantun, dan juga bela diri. Hal tersebut dilakukan peserta untuk lebih menggambarkan suasana dalam menyampaikan ceritanya. Selain itu, properti, intonasi, dan ekspresi yang digunakan peserta juga menjadi kriteria penilaian juri untuk menentukan pemenang.

Lomba berakhir dengan pengumuman tiga pemenang utama dan pemberian piala serta sertifikat pada semua peserta yang berpartisipasi. Pada kesempatan ini turut dihadiri oleh Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag. selaku wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Sunan Ampel Surabaya untuk memberikan hadiah dan sambutan kepada peserta.

“Secara spirit dan moral pada pekan-pekan ini di dunia sedang memperingati bagaimana orang membaca, mencari ilmu, membaca buku, membaca sumber-sumber belajar dan perpustakaan adalah salah satu tempat yang cocok untuk mencari informasi dan ilmu pengetahuan. Sehingga perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan Pekan Kunjung Perpustakaan.” Ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan.

Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag. mengatakan bahwa seseorang dapat mencari ilmu dengan membaca buku, mencari buku dan datang ke perpustakaan. Jika sudah dibiasakan dengan latihan membaca sejak kecil etos belajar dan membacanya akan menjadi bibit sampai menjadi dewasa. Beliau berharap bahwa peserta yang ikut serta dalam lomba ini menjadi seseorang yang giat untuk membaca dan datang ke perpustakaan dalam rangka mencari ilmu.

“Semoga kemenangan dan juara ini menjadi motivasi yang efektif untuk memacu semangat belajar dan membaca lebih giat di hari dewasa nanti.” tutupnya. (Ran-Dep)