News

Lomba Drama sebagai Bentuk Inspirasi dari Membaca dan Ajang Berkarya

Lomba Drama sebagai Bentuk Inspirasi dari Membaca dan Ajang Berkarya

Perlombaan drama menjadi agenda selanjutnya sebagai salah satu acara di Pekan Kunjung Perpustakaan (PKP) 2022 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan UINSA. Selasa (13/9) para peserta pun terlihat antusias untuk ikut serta dalam lomba ini. Perlombaan drama ini diikuti oleh masyarakat umum baik dalam lingkup instansi maupun masyarakat umum. Mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah, mahasiswa hingga ibu PKK.

Lomba yang mengusung tema “Keanekaragaman Budaya Indonesia” ini dibuka dengan sambutan oleh Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag.  (kepala perpustakaan) yang berharap dengan terselenggaranya lomba ini dapat menjadi wadah untuk menyalurkan inpirasi dari peserta lomba yang didapat melalui membaca. Karena melalui membaca seseorang dapat menghasilkan banyak hal, termasuk berkarya untuk memproduksi sebuah drama.

Dalam perlombaan yang dilaksanakan di halaman perpustakaan ini menampilkan berbagai drama oleh enam kelompok pendaftar dengan konsep yang berbeda dan tentunya memiliki nilai pesan moral yang bisa didapatkan. Penilaian objektif dengan berbagai kriteria diantaranya yaitu kesesuaian adegan dengan tema, penghayatan pemeran, properti dan kostum serta intonasi.

Hal ini didukung dengan para peserta yang menyiapkan berbagai properti dan juga musik tambahan untuk mendukung suasana drama. Penghayatan mulai dari adegan sedih, marah, mengharukan sampai menegangkan tercipta dalam penampilan yang disuguhkan oleh para peserta.

Peserta yang telah menampilkan drama memilki skor penilaian dari juri dan keputusan pemenang mutlak dari beberapa kriteria yang ditentukan. Selanjutnya terpilih tiga pemenang dari seluruh peserta yang kemudian diberi piala serta sertifikat dan ditutup dengan sesi foto bersama. (Ran-Dep)