News

Kepala Perpustakaan: Inovasi Layanan Perpustakaan Harus Segera dilakukan

Kepala Perpustakaan:  Inovasi Layanan Perpustakaan Harus Segera dilakukan

Surabaya (10/11) Kepala Perpustakaan beserta staf Perpustakaan UINSA melakukan kunjungan di Perpustakaan Universitas Ciputra. Adapun maksud dan tujuan dilakukannya kegiatan kunjungan ini yaitu untuk melakukan benchmark guna mengidentifikasi layanan dan fasilitas yang inovatif, yang dapat diadaptasi dan diimplementasikan di perpustakaan UINSA.

“Hal yang ada disini saya rasa bisa melakukan adaptasi-adaptasi pola layanan yang inovatif di Perpustakaan Universitas Ciputra untuk diterapkan di perpustakaan UINSA” ujar kepala Perpustakaan UINSA dalam sambutannya.

Kegiatan kunjungan ini dibuka oleh MC yaitu Raden Panji J, Udik E., S.S. (Staf Perpustakaan Universitas Ciputra) dan dilanjutkan oleh sambutan Kepala Perpustakaan Universitas Ciputra, Yehuda Abiel, S.Sos. Abiel berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi kepustakawanan seorang pustakawan dan dapat meningkatkan layanan di perpustakaan, sehingga pustakawan dapat memberikan manfaat bagi orang lain, khususnya bagi pemustaka. 

Sementara itu, Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. (Kepala Perpustakaan UINSA) dalam sambutannya berharap melalui kegiatan ini dapat melakukan sharing knowledge dengan Perpustakaan Universitas Ciputra. Selain itu Evi juga berharap hal ini dapat menjadi awal yang baik bagi kedua belah pihak untuk dapat melakukan kerjasama di masa mendatang.

Pertemuan ini pun memasuki sesi pemaparan profil Perpustakaan Universitas Ciputra yang disampaikan oleh Yehuda Abiel dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Adapun perihal yang didiskusikan pada sesi tanya jawab yaitu manajemen anggaran, manajemen koleksi, manajemen SDM, kelas literasi, pengelolaan konten media sosial dan lain sebagainya.

Agar memiliki gambaran yang jelas terkait fasilitas dan layanan yang ada di Perpustakaan Universitas Ciputra, Tim Perpustakaan UINSA pun diajak untuk mengelilingi ruangan yang ada di Perpustakaan Universitas Ciputra sembari melanjutkan proses diskusi sebelumnya. 

Dalam hal ini, Chrisyandi Tri Kartika, S.Sos. selaku salah satu staf di Perpustakaan Universitas Ciputra menekankan pentingnya kerjasama dalam mengelola perpustakaan. 

“Kami (Perpustakaan Universitas Ciputra) bisa mengadakan pameran dan mendapatkan akreditasi A, semua itu tidak terlepas dari kerjasama yang kami lakukan dengan berbagai pihak.” tutur Chris (Dep)