News

Antusias Mahasiswa Sasindo UINSA Terhadap Kegiatan Magang di Perpustakaan UINSA Kampus Gunung Anyar

Antusias Mahasiswa Sasindo UINSA Terhadap Kegiatan Magang di Perpustakaan UINSA Kampus Gunung Anyar

Gunung Anyar (14/11). Sebanyak 13 mahasiswa jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Adab dan Humaniora (Fahum) UIN Sunan Ampel telah menyelesaikan kegiatan magang di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya, dengan rincian 4 mahasiswa di perpustakaan Kampus Ahmad Yani dan 9 mahasiswa di perpustakaan Kampus Gunung Anyar. Kegiatan magang ini dilaksanakan mulai tanggal 12 September 2022 dan berakhir pada tanggal 11 November 2022. 

Selama kegiatan magang berlangsung, mahasiswa magang berperan aktif terhadap kegiatan yang ada di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Kampus Gunung Anyar, seperti melakukan pelayanan di sirkulasi, peminjaman loker dan pengembalian buku. Selain itu mahasiswa juga diberi arahan dan bimbingan oleh pihak perpustakaan untuk terkait prosedur peminjaman dan pengembalian, tata tertib hingga penelusuran e-resources. Arahan yang diberikan tentunya dapat dijadikan pedoman diantaranya yaitu tentang kedisiplinan dan pelayanan prima. Hal tersebut sering ditanamkan oleh pembimbing magang sekaligus salah satu petugas di perpustakaan. Selain terlibat dalam kegiatan rutin di perpustakaan, mahasiswa magang juga dilibatkan pada proses diskusi dan evaluasi. Mahasiswa magang turut memberikan kritik dan saran terkait layanan yang ada di perpustakaan. 

Antusias dan loyalitas mahasiswa magang terlihat dari bagaimana mahasiswa memberikan arahan dalam memberikan informasi dan memberikan pelayanan kepada pemustaka, khususnya dalam layanan peminjaman mandiri menggunakan teknologi RFID. Mahasiswa magang dengan sabar memberikan informasi kepada pemustaka yang belum mengerti terkait penggunaannya. Antusiasme ini turut menyebabkan meningkatnya rasa keingintahuan mahasiswa magang tentang perpustakaan  serta bagaimana cara agar para mahasiswa lain turut memiliki antusiasme yang tinggi untuk memanfaatkan sumber referensi di perpustakaan dengan maksimal.

Selain terdapat kegiatan yang berhubungan dengan Dzahir, terdapat salah satu kegiatan yang mencerminkan terhadap jati diri naungannya yaitu kampus religi atau kampus islam. Kegiatan tersebut adalah menghatamkan al-Qur’an yang biasanya dilakukan setiap hari kamis kliwon sebelum malam jumat legi atau yang sering disebut dengan Kegiatan Kamis Kliwon (K3). Kegiatan tersebut telah menjadi rutinitas di setiap bulannya dengan melibatkan mahasiswa magang dan petugas perpustakaan. 

Melalui kegiatan magang ini mahasiswa magang berharap dapat menambah wawasan dan memperoleh pengalaman ketika terjun di dunia kerja. 

“Saya sangat antusias dalam program magang kali ini, karena Perpustakaan Kampus Gunung Anyar baru dibuka. Melalui pelayanan terbaik, kami berharap para pemustaka betah dan tertarik berkunjung kembali sekaligus memanfaatkan koleksi melalui teknologi canggih yang tersedia.” ujar Hesty, salah satu mahasiswa magang. (Wzk-Dep)