News

REMBUG BARENG PROGRAM KERJA PRODI PIAUD DENGAN HMP PIAUD FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN AMPEL SURABAYA TAHUN 2022

REMBUG  BARENG  PROGRAM KERJA PRODI PIAUD DENGAN HMP PIAUD FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN AMPEL SURABAYA TAHUN 2022

Sebuah organisasi yang sehat dan efektif dibangun dari jallinan dan garis struktur organisasi antara elemen yang saling mendukung dan suport sesuai dengan kapasitas dan proporsinya. Sebagaimana sepeda motor yang dirangkai dan dirakit dari berbagai unsur barang, hingga dapat menjadi sebuah sepeda motor yang bagus dan berfungsi baik. Sebagaimana analogi tersebut, Prodi PIAUD memiliki agenda untuk menguatkan jalinan dan garis struktur dengan organisasi mahasiswa, yaitu HMP(Himpunan Mahasiswa Program Studi ) PIAUD.

Acara yang  digelar pada hari Jumat, tanggal 23 September 2022,  dimulai jam 13.00 WIB selepas sholat Jum’at hingga selesai,  bertempat di Gedung E Ruang 102 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dihadiri sekitar 30 orang mahasiswa dan 3 dari unsur pimpinan. Kegiatan rembug bareng tersebut, unsur pimpinan yang berkesempatan hadir adalah Dr. Sihabuddin, M.Pd.I selaku Ketua Jurusan Pendidikan, Ratna Pangastuti, M.Pd.I selaku Ketua Prodi PIAUD, dan Nasrul Fuad Erfansyah, M.Pd.I selaku Sekretaris Prodi.  Sedangkan dari unsur Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) PIAUD dihadiri seluruh pengurus inti dan anggota masing-masing bidang koordinasi.

Kegiatan Rembug Bareng  yang digelar secara santai dengan penuh keakraban dan dialogis komunikatif itu berlangsung selama kurang lebih 2 jam, diawali dengan pembukaan sekaligus arahan dan paparan dari Ketua Prodi (Kaprodi), dijelaskan bahwa secara garis besar HMP dibentuk dan dibesarkan sebagai wadah kreatifitas dan penyaluran bakat mahasiswa PIAUD serta mendukung program prodi. Sehingga hendaknya garis struktur antara prodi dan HMP harus terjalin secara sinergi dan lebih erat agar dapat berjalan seiring sejalan. Selanjutnya Kaprodi memaparkan 5 program prodi dan dua agenda besar prodi yang bersifat mendesak dan membutuhkan kerjasama kedua belah pihak. Dua agenda tersebut adalah program Magang di Prodi dan Akreditasi Prodi. Pada akhir paparannya, kaprodi menekankan harus adanya kekompakan dan kerjasama agar tujuan dan cita-cita bersama mengembangkan prodi PIAUD FTK UINSA ini terwujud dengan jargon, “beriman, kreatif, ceria.”

Ketua Jurusan, lebih pada memberikan motivasi dan suport penuh pimpinan terhadap segala kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa melalui HMP. Beliau juga memberikan penguatan intelektual bahwa mahasiswa harus lebih meningkatkan kemampuan baik secara akademik maupun non akademik yang sesuai dengan profil lulusan.

Acara dilanjutkan oleh paparan sekprodi yang lebih pada tataran praktis dan implementatif program kerja. Dijelaskan oleh beliau bahwa kegiatan Magang dilaksanakan oleh mahasiswa semeter 3 dan 5 secara bergiliran sesuai jadwal yang akan di informasikan segera, dengan tempat magang di prodi dan ruang baca. Beliau juga menjelaskan teknis pelaksanaan kegiatan prodi untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sesuai profil lulusan dan RKA-KL fakultas yaitu Studi Menulis dan Mendongeng di Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto yang akan dilaksanakan pada awal bulan Oktober 2022.

Rembug bareng dilanjutkan dari pihak HMP yang dimulai dari ketua HMP yaitu Nurul Izza, lebih menyampaikan struktur organisasi kepengurusan, dan program kerja HMP. Program kerja yang telah dilakukan yaitu “Blusukan” merupakan salah satu bentuk kepedulian mahasiswa PIAUD dalam melihat fenomena sosial anak jalanan yang kurang edukasi. Dengan program kegiatan ini, walaupun sekilas melalui kegiatan ini mahasiswa PIAUD berusaha memberikan warna kepada kehidupan mereka.