Code CP [SIKAP]

Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan

S01.

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

S02.

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

S03.

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,  berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

S04.

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung-jawab pada negara dan bangsa.

S05.

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S06.

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

S07.

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

S08.

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

S09.

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

S10.

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewira-usahaan

S11

Menerima, menghayati, mengolah, menalar dan mengamalkan keseimbangan dzikir dan pikir terhadap nilai-nilai Islam serta nilai-nilai kearifan lokal Indonesia

S12

Menunjukkan kedewasaan bersikap seperti jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, santun, solutif atas berbagai masalah baik dengan lingkungan atau alam, serta menjadi teladan dan cerminan bangsa dalam pergaulan internasional

 

Capaian Pembelajaran Lulusan [KETERAMPILAN UMUM]

KU01

mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

KU02

mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

KU03

mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas

KU04

mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KU05

mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KU06

mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KU07

mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan

KU08

mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

KU09

Memiliki etos kerja yang berbasis mutu dan integritas yang didasari keikhlasan karena Allah

Capaian Pembelajaran Lulusan [PENGETAHUAN UMUM]

P01.

Menguasai konsep-konsep teoretis dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan pembelajaran PAI

P02.

Menguasai konsep teoretis perencanaan pembelajaran PAI yang kreatif dan inovatif dengan menerapkan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner serta berdasarkan kajian teoretis yang paripurna

P03.

Menguasai keilmuan bidang Pendidikan Agama Islam melalui penelitian ilmiah  yang teruji

P04.

 Menguasai teori-teori metodologi penelitian dan mengaplikasikannya untuk menjawab tantangan-tantangan di bidang pendidikan agama Islam

P05.

Menguasai konsep teoretis pengembangan kurikulum PAI dan pemecahan masalah-masalah PAI yang berdasarkan multi pedekatan (FIlosofis, Psikologis, Teknologi-Sosiologis dan Yuridis)

P06.

Menguasai teori dan teori aplikasi evaluasi pembelajaran PAI

P07.

Menguasai teori dan teori aplikasi penggunaan teknologi untuk kegiatan pembelajaran, riset, dan pengembangan profesional dalam bidang PAI.

P08.

Menguasai pengetahuan yang mendukung bidang Pendidikan Agama Islam

P09

Menguasai sumber-sumber ilmu agama Islam, metode  pendekatan integratif studi islam, sains  dan humaniora serta mengaplikasikannya dalam menyelesaikan masalah-masalah kontekstual dalam kehidupan nyata.

Capaian Pembelajaran Lulusan [KETERAMPILAN KHUSUS]

KK01

Mampu merancang pembelajaran PAI yang kreatif dan inovatif yang teruji secara ilmiah atau didukung teori ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner untuk memacahkan problematika pembelajaran PAI

 

KK02

Mampu memecahkan masalah  pengembangan kurikulum yang terkaitan dengan bidang Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan multi pendekatan (Filosofis, Psikologis, Teknologis-Sosiologis, dan yuridis)

 

KK03

Mampu memanfaatkan teknologi untuk memecahkan masalah pembelajaran PAI dan riset

KK04

Mampu memecahkan masalah evaluasi pembelajaran PAI serta mengembangkan sistem evaluasi dalam PAI melalui pemanfaatan teori ilmiah

KK05

Mampu memanfaatkan teknologi untuk kegiatan pembelajaran, riset, dan pengembangan profesional dalam bidang PAI.

KK06

Mampu mengembangkan keilmuan bidang Pendidikan Agama Islam melalui penelitian ilmiah.

KK07

Mampu merencanakan pendidikan Islam dan memberikan alternatif solutif terhadap masalah-masalah pendidikan Islam

KK08

Mampu merespons secara positif perkembangan mutakhir dalam pembelajaran, pendidikan, dan keilmuan bidang Pendidikan Agama Islam