CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Capaian Pembelajaran Lulusan
Capaian pembelajaran lulusan Program Aqidah dan Filsafat islam adalah sebagai berikut:
Tabel 3.1: Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan
Code CP |
Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan |
Sikap (S): Bertanggungjawabpadapekerjaan sendiridandapat diberi tanggung jawabataspencapaianhasilkerjaorganisasi. |
|
S01. |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esadan mampu menunjukkan sikap religius. |
S02. |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika. |
S03. |
Berkontribusidalampeningkatanmutukehidupan bermasyarakat, berbangsa,bernegara,dan kemajuanperadaban berdasarkanPancasila. |
S04. |
Berperansebagaiwarganegarayangbanggadancintatanahair,memilikinasionalismesertarasatanggung-jawabpada negara dan bangsa. |
S05. |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S06. |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S07. |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
S08. |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S09. |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10. |
Menginternalisasisemangatkemandirian,kejuangan,dan kewira-usahaan |
|
|
Keterampilan Umum (KU): Mampu mengambil keputusanyang tepat berdasarkananalisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusisecaramandiri dankelompok. |
|
KU01. |
Memperluas dan memperdalam teori serta aplikasi penelitian di bidang Aqidah dan filsafat Islam dan dapat menghasilkan karya penelitian yang dipublikasikan secara nasional maupun internasional. |
KU02. |
Memiliki integritas keilmuan dan bijaksana dalam bertindak .. |
KU03. |
Memiliki pengetahuan dan wawasan yang mendalam di bidang komunikasi keagamaan terutama konsultasi tentang dasar-dasar keagamaan secara interdispliner baik teologis maupun filosofis. Dan dapat menghasilkan prosedur penyelesaian yang memadai.. |
KU04. |
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU05. |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
KU06. |
Mampumemelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawatbaik di dalam maupun di luar lembaganya. |
KU07. |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. |
KU08. |
Mampu melakukan proses evaluasidiri terhadap kelom-pok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
KU09. |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaman-kan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|
|
Pengetahuan (P): Mampu Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian bidang pengetahuan secara prosedural. |
|
P01. |
Memperluas atau memperdalam pengetahuan Aqidah dan filsafat Islam dengan menghasilkan pemikiran kefilsafatan yang kritis dan inovatif dan dapat dipublikasikan secara saintik pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional maupun internasional. |
P02. |
Mampu mengaplikasikan teori serta pendekatan kefilsafatan untuk memecahkan problem kontekstual keagamaan melalui metode analisis sintesis dan logis, dan memiliki sensitifitas dalam merespon kondisi keberagamaan yang ada dilingkungannya. |
P03. |
Mampu mengelola dan mengembangkan prosedur penyelesaian problem keagamaan yang bersifat logis, kritis dan sistematis. |
P04. |
terutama dalam memberikan solusi serta pemecahan permasalahan terhadap berbagai problem keagamaan serta mampu beradaptasi secara komunikatif dengan berbagai latarbelakang keagamaan. |
P05. |
Mampu mengelola dan mengembangkan pola dialog yang bersifat komunikatif dan dapat menempatkan komunikan sebagai sharing patner dalam dialog. |