ABOUT OUR DEPARTMENT

Program studi Ilmu Kelautan adalah prodi pertama di tingkat Perguruan Tinggi Agama Islam se-Indonesia yang berada dalam naungan Fakultas Sains dan Teknologi. Program studi ini mengembangkan ilmu di bidang kelautan untuk memahami karakter fenomena dan proses-proses yang terjadi di laut, baik proses fisika, kimia, biologi, dan geologi laut dengan memanfaatkan pengindraan jauh dan akustik kelautan untuk mengeksplorasi sumber daya, lingkungan laut, serta mengidentifikasi pencemaran laut.

Vision

Menjadi program studi yang unggul dan kompetitif dalam bidang pengelolaan sumber daya kelautan dan pemberdayaan masyarakat pesisir berdasarkan nilai-nilai keislaman

Mission

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang kelautan yang berdaya saing dan berjiwa kewirausahaan dengan mengintegrasikan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan ilmu dan nilai keislaman.
  2. Mengembangkan riset integrative di bidang kelautan yang inovatif, bermutu, dan peka terhadap perkembangan untuk pemecahan permasalahan lingkungan khususnya di wilayah pesisir.
  3. Mengembangkan pola pemberdayaan masyarakat berbasis riset dalam bidang kelautan yang relevan dengan nilai keislaman.

IN COLLABORATION WITH

The Ilmu Kelautan has established cooperation with various institutions and universities, both at home and abroad. Following are some of the list of institutions and universities that work with Ilmu Kelautan.