News

Praktek Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Bidang Penguatan Jaringan dan Pengabdian

Praktek Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Bidang Penguatan Jaringan dan Pengabdian

Sebagai mahasiswa Ilmu Ekonomi yang akan terus berkecimpung dalam kehidupan sosial masyarakat, maka mahasiswa Ilmu Ekonomi dituntut memiliki kemampuan yang memadai dalam mengenal tantangan dalam membangun jaringan dengan elemen masyarakat terkait. Penguasaan atas strategi dan teknik-teknik pengabdian pada masyarakat pada bidang ekonomi penting untuk ditingkatkan.

Setiap bidang dalam lapangan perekonomian  memiliki karakteristik sendiri-tersendiri yang bersifat unik. Untuk itu, di samping memahami jenis-jenis tantangan dan peluang kerja bagi alumni prodi ilmu ekonomi, mahasiswa juga dituntun untuk memiliki pemahaman yang memadai tentang karakteristik dan potensi kreatifitas pada pengembangan berbagai bidang ekonomi yang ada, sebagai upaya ikut berpartisipasi dalam pengabdian dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Untuk itu, mahasiswa perlu dilatih untuk meningkatkan kompetensi dan kepekaannya dalam mengenal dan menemukan peluang, serta menjalin jaringan dengan para pihak pada berbagai bidang dan lapangan ekonomi yang tersedia. Kegiatan praktek pengembangan kompetensi mahasiswa bidang penguatan jaringan dan pengabdian dilaksanakan pada dua sesi yakni sesi 1 pada Kamis 17 Juni 2021 dan sesi ke dua dilaksanakan pada Jumat 18 Juni 2021.

Pada Kegiatan ini mengundang Praktisi dan profesional dalam bidang penguatan jaringan dan pengabdian dari unsur akademisi yakni M. Khoerul Mubin, SE., M.Sc yang merupakan dosen Universitas Airlangga, serta dari kalangan profesional yakni Tegar Rismanuar N., SE., ME. yang merupakan RISED (Research Institute of Socio-Economic Development). Kegiatan ini dipandu dan dimoderatori oleh Dosen Program Studi Ilmu Ekonomi yakni Hapsari Wiji Utami, SE., M.SE.. 

Peserta praktik peningkatan kompetensi bidang Penguatan Jaringan dan Pengabdian  adalah mahasiswa program studi Ilmu Ekonomi  fakultas ekonomi dan bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. Pelaksanaan kegiatan ini berupa pelatihan dalam rangka peningkatan soft skill mahasiswa dalam bidang penguatan jaringan dan pengabdian, adapun output dari kegiatan ini adalah mampu meningkatkan kapasitas mahasiswa program studi Ilmu Ekonomi semester 7 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya khususnya dalam bidang Penguatan Jaringan dan Pengabdian