Profil Lulusan

Profil lulusan program studi doktor Studi Islam dapat dijelaskan sebagai berikut: 

  1. Peneliti ilmu keislaman dan sosial keagamaan: (a) mampu melakukan riset tentang tema-tema keislaman dan sosial keagamaan dengan pendekatan inter-/multidisipliner dan transdisipliner; (b) mampu menghasilkan karya tulis baik buku maupun artikel ilmiah yang dipublikasikan; (c) mampu memberikan rekomendasi pilihan-pilihan tindakan yang perlu diambil untuk menyelesaikan permasalahan sosial; mampu memimpin dan mengelola riset bidang sosial keagamaan. 

  2. Pemikir Keislaman dan Sosial-keagamaan: (a) mampu menguasai dan memahami secara kritis dan analitis ilmu-ilmu keislaman; (b) menguasai metodologi kajian islam; (c) mampu menghasilkan karya-karya ilmiah bidang keislaman berdasarkan riset ilmiah. 

  3. Konsultan Ahli Keislaman dan sosial keagamaan: (a) mampu menganalisis masalah-masalah sosial keagamaan berdasarkan argumentasi ilmiah sebagai basis bagi perumusan kebijakan di bidang sosial-keagamaan; (b) mampu memimpin dan mengelola riset bidang sosial keagamaan.

  4. Akademisi (tenaga pendidik) bidang kajian keislaman: (a) mampu melaksanakan pendidikan bidang kajian keislaman dan sosial keagamaan dengan pendekatan inter-/multidisipliner dan transdisipliner; (b) mampu menghasilkan karya tulis, baik buku maupun artikel ilmiah, yang dipublikasikan; (c) mampu melakukan pengabdian msyarakat di bidang keislaman dan keagamaan.