Agenda

Anak Muda Produktif, Yuk Ikut LKTIN dan Lomba Video Dakwah Kreatif

Anak Muda Produktif, Yuk Ikut LKTIN dan Lomba Video Dakwah Kreatif

Menjelang peringatan 50 tahun Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, dua lomba sedang diselenggarakan. Pertama, Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) untuk mahasiswa se-Indonesia. Kedua, lomba video dakwah kreatif untuk pelajar SMA/MA/SMK atau sederajat se-Indonesia dan internasional. Total hadiah keduanya hampir Rp 10 juta.

LKTIN dibuka sejak 10 Februari hingga 15 Maret. Syaratnya mudah. Selain membuat karya tulis secara tim atau perorangan, peserta hanya perlu membuktikan status mahasiswa dengan KTM. “Persyaratan yang kami tetapkan sederhana agar tidak memberatkan peserta. Kalaupun ada tambahan selain karya tulis dan KTM, kami pastikan tidak sulit untuk diikuti,” tutur Nihlatul Falasifah, panitia LKTIN 2021.

Tema LKTIN kali ini adalah “Meneguhkan Moderasi Beragama Melalui Dakwah dan Komunikasi”. Sub temanya sendiri beragam, yaitu:

  1. Bimbingan, Konseling, dan Psikoterapi Islam dalam Membangun Moderasi Beragama
  2. Spirit Moderasi Beragama dalam Pemberdayaan Masyarakat
  3. Moderasi Beragama Berbasis Kelembagaan Islam
  4. Moderasi Beragama dalam Kepenyiaran Islam 
  5. Moderasi Beragama di Media Online

Ketentuan lengkap LKTIN 2021 bisa diunduh di laman: http://bit.ly/panduanLKTIN2021_FDK_UINSA. Jika sudah siap mendaftar, peserta tinggal mengisi form di link berikut: http://bit.ly/LKTIN2021_FDK_UINSA.

Adapun lomba video dakwah kreatif berlangsung mulai tanggal 8 Februari hingga 17 Maret. Antusiasme peserta lomba video begitu tinggi. Saat ini, sudah ada puluhan peserta yang terdaftar dan bergabung dalam WA grup lomba. Mereka tersebar di berbagai kota atau kabupaten di Jawa Timur serta berbagai daerah lainnya seperti Banjarnegara, Lampung, Brebes, hingga Sigi, Sulawesi Tengah.

Mengusung tema “Moderasi Beragama dalam Kebhinnekaan”, lomba video dakwah kreatif memiliki banyak sub tema. Di antaranya adalah:

  1. Islam rahmatan lil alamin
  2. Moderasi beragama dalam masyarakat multicultural
  3. Implementasi toleransi untuk generasi Z
  4. Implementasi moderasi beragama dalam dunia digital
  5. Penguatan toleransi dalam lingkungan sekolah
  6. Moderasi beragama untuk nirkekerasan

“Saat ini kami sudah mendapat peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Kami sedang menunggu keikutsertaan adik-adik pelajar SMA atau sederajat dari negara-negara lain. Adik-adik yang produktif, ayo ramaikan lomba dakwah kreatif ini!” seru Moh. Ilham, panitia lomba. Ketentuan lengkap lomba ada di: http://bit.ly/JuknisVideoFDK2021, sementara formulir pendaftarannya bisa diakses di: http://bit.ly/lombavideoFDK2021

LKTIN 2021 dan lomba dakwah kreatif merupakan satu kesatuan dengan peringatan ulang tahun FDK UINSA ke-50. Menteri Agama Indonesia Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan turut hadir untuk meresmikan beberapa agenda baru FDK UINSA Surabaya. Beberapa di antaranya adalah launching buku “Madzhab Dakwah Wasathiyah Sunan Ampel” dan pusat kajian dan publikasi FDK “Daya Center”. Puncak acara rencananya diselenggarakan pada akhir bulan Maret, diketuai oleh Moh. Ansori, Ketua Jurusan Dakwah. (fry)