News

Minyak Goreng Alternatif Selain Minyak Sawit

Minyak Goreng Alternatif Selain Minyak Sawit

chatnews.id

     Pada akhir tahun 2021, masyarakat Indonesia dihadapkan pada permasalahan kenaikan harga minyak goreng. Minyak goreng merupakan salah satu bahan pokok utama yang sering digunakan dalam proses memasak. Kenaikan harga minyak goreng telah terjadi sejak akhir 2021 dan hingga saat ini belum terselesaikan. Dimulai sejak November 2021, harga minyak goreng kemasan naik hingga Rp 24.000 per liter. Kenaikan harga minyak goreng disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu harga internasional minyak goreng naik cukup tajam, turunnya panen sawit pada semester kedua, dan adanya kenaikan permintaan CPO untuk pemenuhan industri biodiesel (Ratriani, 2022). Namun, ternyata terdapat beberapa alternatif minyak goreng yang dapat digunakan sebagai pengganti minyak sawit, diantaranya yaitu:

1. Minyak Wijen

Minyak wijen memiliki titik asap yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai minyak goreng pengganti minyak sawit untuk resep masakan dengan panas api yang tinggi.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dihasilkan dari olahan kelapa yang bisa digunakan untuk memasak makanan dengan suhu hangat hingga suhu tinggi karena memiliki kestabilan pada panas yang tinggi.

3. Minyak Kanola

Minyak canola adalah minyak yang berasal dari tanaman kanola dengan titik asap yang tinggi sehingga cocok digunakan ketika menggoreng ringan.

4. Minyak Alpukat

Minyak alpukat adalah minyak yang berasal dari buah alpukat dan tidak mengalami pemurnian.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau yang sering dikenal dengan olive oil adalah minyak yang dihasilkan dari ekstraksi buah zaitun. Jenis minyak zaitun yang digunakan untuk memasak yaitu olive oil biasa dan extra virgin olive oil.

6. Minyak Bunga Matahari

Sesuai dengan namanya, minyak alternatif ini berasal dari bunga matahari yang diproses. Minyak bunga matahari memiliki titik asap yang tinggi dan memiliki rasa yang cukup kuat.

7. Minyak Kacang

Minyak kacang mengandung lemak nabati dan bisa membantu menurunkan kolesterol, menjadikan minyak ini cukup baik untuk kesehatan jantung. (Tim redaksi CNBC Indonesia, 2022)

Berikut tadi merupakan beberapa alternatif minyak goreng yang dapat digunakan untuk menggantikan minyak sawit.

 

Daftar pustaka

Tim redaksi CNBC Indonesia. 2022. Minyak Goreng Alternatif Pengganti Minyak Sawit. https://rb.gy/z5isgd. Diakses pada 27 April 2022.

Ratriani, V. 2022. Ini Penyebab Kenapa Minyak Goreng Mahal dan Langka Menurut Kemendag. https://industri.kontan.co.id/news/ini-penyebab-kenapa-minyak-goreng-mahal-dan-langka-menurut-kemendag-1/?page=3. Diakses pada 13 Mei 2022.