KATA SAMBUTAN
Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya

Salah satu impian besar dari keberadaan UIN Sunan Ampel Surabaya adalah kemampuannya melahirkan lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif sehingga dapat membedakan dengan lulusan perguruan tinggi lain. Untuk itu, maka menjadi niscaya bila semua stakeholder bahu membahu menghadirkan impian tersebut menjadi kenyataan.

Pusat Ma’had Al-Jami’ah bagian yang tidak terpisahkan dari civitas akademika UIN Sunan Ampel. Keberadaannya diakui cukup efektif dalam mengantarkan UIN Sunan Ampel menuju kampus yang berdaya saing apalagi didukung oleh program pembelajaran di bidang pengembangan wawasan keagamaan, pembinaan akhlaq dan hafalan al-Qur’an. Disamping itu Ma’had Al-Jami’ah diharapkan menjadi wadah akulturasi budaya antar bangsa tanpa mengabaikan prinsip-prinsip budaya nusantara.

Keberadaan Ma’had Al-Jami’ah atau lebih dikenal dengan Pesantren Kampus diharapkan dapat membantu UIN Sunan Ampel Surabaya dalam melakukan pendidikan karakter terhadap mahasiswa, praktik Bahasa Indonesia untuk mahasiswa asing, pusat pembinaan tahsin dan tahfidz Al-Qur’an, pengembangan dan praktik skill kebahasaan, dan pendampingan mahasiswa difabel (berkebetuhan khusus), sekaligus menjadi sarana pemahaman dan pengamalan nilai-nilai islam moderat, inklusif dan tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Selanjutnya dalam rangka pengejawantahan nilai-nilai tersebut, Ma’had Al-Jami’ah memiliki Laboratorium Keagamaan yang representatif dan Masjid sebagai sarana praktik ibadah dan kajian-kajian keislaman. Integrasi antara Ma’had, Masjid, dan Kampus diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi mahasiswa dalam berproses dan berlatih untuk berkiprah di masyarakat.

Kehadiran Desain Model ini selayaknya sebagai acuan bagi semua pihak untuk mengelola Ma’had Al-Jami’ah secara lebih baik. Dengan memahami design ini, diharapkan masyarakat lebih mengenal keberadaan Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel sebagai tempat yang representatif sebagai tempat tinggal mahasiswa. Hal tersebut sesuai dengan visi dan misi Ma’had dalam rangka mewujudkan impian besar UIN Sunan Ampel menjadi Universitas yang unggul kompetitif dan bertaraf internasional.

Sebagai pimpinan UIN Sunan Ampel kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, khususnya semua pengurus Ma’had atas kerja kerasnya menghadirkan desain model ini. Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua untuk merealisasikan visi –misi dan cita-cita luhur UIN Sunan Ampel Surabaya.