Setelah menyelesaikan perkuliahan di Program Studi S1 Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, mahasiswa berhak menyandang gelar Sarjana Psikologi (S.Psi). Lulusan S1 Psikologi dapat bekerja dalam berbagai bidang berikut:

1. Asisten Psikolog dan Administrator Tes

Membantu pekerjaan psikolog dalam melakukan pengadministrasian dan pelaksanaan tes psikologi, ikut merencanakan, melaksanakan dan menganalisa hasil observasi dan wawancara, menyelesaikan masalah klien, serta ikut bertanggung jawab membantu menyelesaikan persoalan psikologis manusia sesuai dengan kaidah psikologi. 

2. Staf, Manajer atau Konsultan di Bidang SDM

Menjadi staf dan atau manajer dalam industri organisasi yang ikut mengembangkan organisasi dengan mengelola SDM (analisis jabatan, sistem imbalan, dan model penilaian kinerja) dengan mengaplikasikan ide-ide kreatif, menjalin networking dan melakukan intervensi kelompok, dan mampu bekerja secara mandiri dan membantu organisasi sesuai kesepekatan kerja tertentu

3. Pengajar (PAUD, BK, ABK, Sekolah Inklusi)

Menjadi guru PAUD, guru BK, Guru Pendamping Khusus dalam program inklusi sesuai kaidah psikologi.

4. Konsultan Pendidikan

Konsultan mandiri yang membantu orang tua atau pelajar dalam perencanaan pendidikan, kesulitan dalam belajar, gaya belajar, dan segala tingkah lau dalam belajar.

5. Konselor

Memberikan layanan konseling dengan merencanakan, membimbing, dan mengevaluai perkembangan klien dalam bidang perkembangan, pendidikan, industri organisasi, dan sosial masyarakat sebagai konselor dan atau pendamping kerohanian di rumah sakit, panti sosial, panti rehabilitasi sosial dan komunitas.

6. Trainer dalam Program Pelatihan

Perancang dan pelaksana pelatihan dengan menyampaikan ilmu pengetahuan, memotivasi, memfasilitasi, menjadi panutan dan menyediakan ruang pengembangan diri bagi trainee dalam bidang pendidikan, industri dan organisasi, pengembangan diri, masyarakat dan keagamaan untuk pengembangan psikologis pada individu, organisasi dan komunitas.

7. Motivator dalam Program Pelatihan

Perancang dan trainer motivator dalam seminar dan atau workshop pengembangan motivasi bagi siswa, guru, karyawan, komunitas, dan lain-lain. 

8. Pelaku Usaha Mandiri

Melakukan usaha mandiri yang mampu mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya ditunjang kemampuan menjalin networking dalam mengembangkan usaha mandiri.

Sedangkan setelah menyelesaikan pendidikan studi S1 Gizi Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya, para sarjana Gizi dapat bekerja dalam bidang:

1. Pengambil keputusan pelayanan gizi
2. Manajer dan care provider pelayanan gizi
3. Supervisor pelayanan gizi
4. Supervisor pendidikan dan pelatihan gizi
5. Inspirator gizi di masyarakat (Community leader)
6. Pelaksana penelitian ilmiah gizi
7. Pengkaji produk pangan halal dan toyyib
8. Pendidik dan pelatih di bidang gizi masyarakat dan gizi institusi
9. Entrepreneur di bidang pangan dan gizi