Untuk mencapai sasaran satu (1) dan dua (2) dilakukan strategi sebagai berikut;

  1. Melakukan review kurikulum Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam secara berkala;
  2. Melakukan penilaian secara integral dan komprehensif.
  3. Melakukan pembelajaran secara aktif, kreatif, inovatif dan partisipatif.
  4. Mendatangkan pakar dan atau dosen ahli dari dalam dan luar negeri.
  5. Menfasilitasi mahasiswa dalam kegiatan peningkatan mutu akademik.
  6. Pemanfaatan perkembangan teknologi dan informasi untuk mengembangkan kompentensi lulusan.

Untuk mencapai sasaran tiga (3) Mampu menghasilkan penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam yang layak dipublikasikan di jurnal terakreditasi nasional atau jurnal internasional, ditempuh strategi sebagai berikut;

  1. Menyelenggarakan pelatihan dan workshop tentang penelitian pendidikan tingkat lanjut;
  2. Menfasilitasi perpustakaan dengan berbagai literatur tentang Pendidikan Agama Islam;
  3. Berlangganan jurnal-jurnal bereputasi nasional dan internasional;
  4. Melibatkan mahasiswa dalam penelitian kolaboratif yang didanai oleh Diktis Kemenag RI dan lainnya.

Untuk mencapai sasaran empat (4) Mampu mempublikasikan karya ilmiah di bidang Pendidikan Agama Islam dan aktif dalam forum ilmiah seperti seminar, konferensi, short course dan program sandwich, dilakukan strategi berikut ini;

  1. Menerbitkan karya ilmiah secara berkala, baik nasional maupun internasional;
  2. Menerbitkan hasil penelitian mahasiswa dan dosen dalam bentuk buku yang dipasarkan di kalangan terbatas maupun umum.

Untuk mencapai sasaran lima (5) Pengembangan kerja sama antara Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam dengan lembaga-lembaga baik dalam negeri maupun luar negeri, dilakukan strategi sebagai berikut;

  1. Aktif terlibat dalam kegiatan Asosiasi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam tingkat Nasional;
  2. Memperluas networking dengan Lembaga pendidikan, Kementrian Aatau Lembaga yang terkait dalam penguatan kompetensi lulusan mahasiswa MPAI di tingkat nasional atau internasional.