ABOUT OUR DEPARTMENT

Program studi BKI UIN Sunan Ampel mengalami perkembangan dan perubahan nama/nomenklatur dari awal berdiri hingga sekarang. Tahun 1983 adalah angkatan pertama yang menjadi penanda lahirnya Prodi BKI. Pada awalnya prodi BKI bernama Bimbingan Penyuluhan Masyarakat (BPM) yang berada di bawah naungan Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya. Fakultas Dakwah berdiri pada tahun 1970 dengan SK Menteri Agama RI No. 256/1970, 30-09-1970. Pada tahun 1988 jurusan BPM berubah nama menjadi Bimbingan Penyuluhan Agama Islam (BPAI). Pada tahun 1999, berdasarkan SK Dirjen Bimbaga Islam No. E/51/1999, tanggal 25 Maret 1999 BPAI berubah menjadi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI). Pada tahun 2009, berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI No. 36 Tahun 2009 nama BPI berubah nama nomenklatur menjadi Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI). Dalam menjalankan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, prodi BKI dikelola oleh seorang ketua dan sekretaris. Sebelum tahun 2013, Bimbingan dan konseling Islam dipimpin oleh Ketua Jurusan (kajur) dan Sekretaris Jurusan (sekjur). Dalam perkembangannya, istilah jurusan berubah menjadi program studi pada tahun 2013, maka selanjutnya digunakan istilah ketua program studi (kaprodi) dan sekretaris program studi (sekprodi). Para dosen yang pernah menjabat sebagai kaprodi BKI antara lain: P. Sjahudi Sirodj, P. Yoyon Mudjiono, P. Hamim Rosyidi, B. Rr. Suhartini, B. Sri Astutik, P. Aswadi, B. Ragwan Albaar, P. Agus Santoso, dan P. Lukman Fahmi. Para kaprodi inilah yang terus mengembangkan dan mengawal kualitas prodi BKI melalui berbagai kegiatan pengembangan, review dan redesain kurikulum.

Vision

Menjadi pusat pengembangan Bimbingan dan Konseling Islam berbasis riset dan teknologi yang unggul dan bertaraf internasional

Mission

  • Menyelenggarakan pendidikan Bimbingan dan Konseling Islam berbasis riset dan teknologi informasi yang memiliki keunggulan dan daya saing internasional.
  • Mengembangkan riset Bimbingan dan Konseling Islam yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan global.
  • Mengembangkan pola pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat di bidang bimbingan dan konseling Islam berbasis riset, nilai-nilai agama Islam, dan norma sosial.

IN COLLABORATION WITH

The Bimbingan dan Konseling Islam has established cooperation with various institutions and universities, both at home and abroad. Following are some of the list of institutions and universities that work with Bimbingan dan Konseling Islam.