Bagi calon atau mahasiswa pada Fakultas Psikologi dan Kesehatan baik pada program studi Psikologi maupun program studi Gizi perlu mengetahui perspektif karir para lulusan Psikologi dan Gizi tuh apa aja sih, supaya memiliki tujuan yang jelas dan lebih terarah. Maka dari itu, berikut beberapa bidang yang dapat diisi oleh para lulusan/sarjana Psikolog;

1. HRD (Human Resource Development)

Pekerjaan yang berkaitan dengan manajemen seluruh sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan.Umumnya, tugas staf HRD adalah untuk mengembangkan dan menerapkan berbagai kebijakan di kantor yang mendukung kesejahteraan karyawan.

2. Konselor

konselor menganalisis masalah yang dialami klien dan memberikan nasihat dengan tujuan untuk membuat mereka merasa lebih positif. Konselor ini terbagi menjadi beberapa bidang, seperti konselor pendidikan, keluarga dan pernikahan, trauma, dan lain sebagainya.

3. Psikolog

Dapat ditemukan berbagai jenis psikolog, seperti psikolog klinis, forensik, olahraga, dan lain sebagainya.Tugas dan tanggung jawab masing-masing psikolog pun berbeda, di mana biasanya bergantung pada sektor kerja masing-masing praktisi.

4. Pengajar

Menjadi seorang pengajar untuk lulusan psikologi ini bisa menjadi guru BK (Bimbingan Konseling), guru sekolah kepribadian, dan dosen. Secara umum, tugasnya adalah menyampaikan materi terkait ilmu psikologi serta memberikan konsultasi dan pengarahan.

5. Peneliti

Sarjana Psikologi juga bisa menjadi seorang peneliti sesuai dengan bidangnya yaitu melakukan penelitian yang berhubungan dengan kognitif manusia, seperti bidang UX.

6. Penerjemah Buku Psikologi

Pekerjaan yang memiliki tugas untuk menerjemahkan buku psikologi terbitan luar negri agar dapat digunakan oleh publik sebagai tambahan referensi.

7. Terapis anak berkebutuhan khusus

Lulusan psikologi dapat berkerjasama dengan lembaga atau sekolah tertentu untuk membantu perkembangan mental anak-anak berkebutuhan khusus dengan memberikan terapi agar anak-anak dapat menjalani aktivitasnya secara mandiri.

sedangkan untuk para lulusan Gizi dapat masuk pada beberapa bidang berikut;

1. Lembaga pemerintahan (Kesehatan, Pertanian, Badan Ketahanan Pangan, BKKBN, BPKH dll)
2. Industri makanan dan minuman
3. Lembaga pendidikan
4. Lembaga penelitian
5. Perhotelan dan Pariwisata
6. Konsultan di bidang gizi (olah raga, kecantikan, kebutuhan khusus, dll)
7. LSM bidang gizi dan kesehatan
8. Wirausaha di bidang pangan gizi