Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian pembelajaran lulusan Program Aqidah dan Filsafat islam adalah sebagai berikut:

Tabel 3.1: Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Code CP

Deskripsi KKNI dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Sikap (S):

Bertanggungjawabpadapekerjaan sendiridandapat diberi tanggung jawabataspencapaianhasilkerjaorganisasi.

S01.

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esadan mampu menunjukkan sikap religius.

S02.

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.

S03.

Berkontribusidalampeningkatanmutukehidupan bermasyarakat, berbangsa,bernegara,dan kemajuanperadaban berdasarkanPancasila.

S04.

Berperansebagaiwarganegarayangbanggadancintatanahair,memilikinasionalismesertarasatanggung-jawabpada negara dan bangsa.

S05.

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S06.

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

S07.

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

S08.

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

S09.

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

S10.

Menginternalisasisemangatkemandirian,kejuangan,dan kewira-usahaan

 

 

Keterampilan Umum (KU):

Mampu mengambil keputusanyang tepat berdasarkananalisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusisecaramandiri dankelompok.

KU01.

Memperluas  dan memperdalam teori serta aplikasi penelitian di bidang Aqidah dan filsafat Islam dan dapat menghasilkan karya penelitian yang dipublikasikan secara nasional maupun internasional.

KU02.

Memiliki integritas keilmuan dan bijaksana dalam bertindak ..

KU03.

Memiliki pengetahuan dan wawasan yang mendalam di bidang  komunikasi keagamaan  terutama konsultasi tentang dasar-dasar keagamaan  secara interdispliner baik teologis maupun filosofis. Dan dapat menghasilkan prosedur penyelesaian yang memadai..

KU04.

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

KU05.

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

KU06.

Mampumemelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawatbaik di dalam maupun di luar lembaganya.

KU07.

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

KU08.

Mampu melakukan proses evaluasidiri terhadap kelom-pok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

KU09.

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaman-kan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

 

 

Pengetahuan (P):

Mampu Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian bidang pengetahuan secara prosedural.

P01.

Memperluas atau memperdalam pengetahuan Aqidah dan filsafat Islam dengan menghasilkan pemikiran kefilsafatan yang kritis dan inovatif dan dapat dipublikasikan secara saintik pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional maupun internasional.

P02.

Mampu mengaplikasikan teori serta pendekatan kefilsafatan untuk memecahkan problem kontekstual keagamaan melalui metode analisis sintesis dan logis, dan memiliki sensitifitas dalam merespon kondisi keberagamaan yang ada  dilingkungannya.

P03.

Mampu mengelola dan mengembangkan prosedur penyelesaian problem keagamaan yang bersifat logis, kritis dan sistematis.

P04.

terutama dalam memberikan solusi serta pemecahan permasalahan terhadap berbagai problem keagamaan serta mampu  beradaptasi secara komunikatif dengan berbagai latarbelakang keagamaan. 

P05.

Mampu mengelola dan mengembangkan pola dialog yang bersifat komunikatif dan dapat menempatkan komunikan sebagai sharing patner dalam dialog.