Curriculum Vitae

Prof. Titik

N a m a                                    : Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag.

Scopus ID                               : 57194519163

Tempat/Tgl. Lahir                   : Pamekasan, 21 Maret 1969

Alamat Rumah                        : Perum Taman Pondok Jati Blok CT-8 Kedungturi Taman Sidoarjo

Telp/Hp.                                  : 08155256307

Pangkat/Gol/NIP.                   : Pembina Utama Madya/IVe/196903211994032003

Alamat Kantor/Telp.               : Pascasarjana UIN Sunan Ampel

                                                  Jl. A.Yani No. 117 Surabaya/Telp. (031) 8437893

e-mail                                      : husniyatussalamah@uinsby.ac.id

 

Pengalaman Pendidikan :

  1. SDN Keputran I Surabaya (1981)
  2. MTsN Tambak Beras Jombang (1984)
  3. MAN Tambak Beras Jombang (1987)
  4. S-1 Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel di Malang (1992)
  5. S-2 PPs IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2000)
  6. S-3 di PPs IAIN Sunan Ampel Surabaya (2012)

 

Pengalaman Jabatan:

  1. Pengurus ICMI ORSAT Surabaya Selatan
  2. Pengurus MUI Jawa Timur Tahun 2005-2010
  3. Sekertaris Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2004-2009
  4. Ketua Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2009-2013
  5. Wakil Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2013-2014
  6. Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, 2014-2018
  7. Kaprodi Pendidikan Agama Islam Magister Pascasarjana UIN Sunan Ampel 2018-2022

 

Pengalaman Pelatihan Dan Nara Sumber:

  1. Workshop Pembuatan Proposal (Strategi Merebut Riset Unggulan) (2001)
  2. Semiloka Nasional Peningkatan Mutu Penelitian Dosen di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam (2004)
  3. Workshop Pembuatan Course Design bagi Dosen IAIN Sunan Ampel Surabaya (2005).
  4. Workshop Pemberdayaan Masyarakat, IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2005.
  5.  Tim Pengembang PGMI kerjasama IAIN Sunan Ampel dengan Learning Assistance Programs  for Islamic School (LAPIS) Australia
  6. Workshop Penguatan Kapasitas Dosen A-C di Surabaya, 2006-2007
  7. Workshop Penulisan Bahan Ajar IB, IIA-IIC, dan VA-VC LAPIS PGMI di Surabaya, 2006-2008
  8. TOT Perguruan Tinggi LAPIS PGMI di Surabaya, 2008.
  9. TOT Madrasah IA-IC LAPIS PGMI di Surabaya, 2007-2008.
  10. Workshop Curriculum Development, Univercity of Cannberra Australia, 2011.
  11. Workshop on Asset management & Development Master Plan, Turkey, 2017. Dll.
  12. Presenter, Annual Conference on Research Proposal (ACRP), Kemenag RI, 2018
  13. Narasumber, Career Assistance Bagi Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang, 2019.
  14. Narasumber Annual Postgraduate Conference on Muslim Society, Banjarmasin, 2019.
  15. Keynote Speaker, International Seminar on Islamic Education, UnisSZA Malaysia, 2019.
  16. Narasumber, FGD Penyusunan Soal Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kota/Kabupaten, Surabaya, 2019.
  17. Narasumber, FGD Penyusunan Soal Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional, Surabaya, 2019.
  18. Narasumber, Webinar Mencegah Narkoba dan Terorisme, Dai Komunitas Jawa Bali, LDK PW Muhammadiyah, 2020.
  19. Narasumber, Seminar Moderasi Beragama Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020.
  20. Narasumber, Workshop Pengembangan Instrumen Pembelajaran pada AKMI, Kemenag RI, 2021
  21. Narasumber, Workshop Penulisan Modul Tindak Lanjut Hasil AKMI. Kemenag RI, 2021.
  22. . dll

 

Karya Ilmiah yang dipublikasikan:

  1. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibn Jama’ah (Kajian Terhadap Etika Pendidik dan Peserta Didik), Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 2001.
  2. Tantangan Pengembangan Pendidikan Agama Islam Mengacu UU Sistem Pendidikan Nasional, Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, Vol. 6 No. 1, 2003
  3. Pendidikan Islam Di Indonesia (Urgensi Konversi IAIN dan STAIN ke UIN), Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, Vol. 7 No. 1, 2004.
  4. Filsafat Pendidikan Barat Dan Islam: Perspektif Perbandingan (Tinjauan Fungsi dan Tujuan Pendidikan), Jurnal Wacana Kopertais Wil IV, Vol IV, No. 2, 2004.
  5. Pemberdayaan Madrasah: Titik Temu antara Pendidikan Satu Atap dan Otonomi Pendidikan, Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, Vol. 7 No. 2, 2004.
  6. Optimalisasi Partisipasi Masyarakat Terhadap Pendidikan Melalui Komite Madrasah, Jurnal Nizamia Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, Vol.9 No. 2, 2006
  7. Implementasi Komite Madrasah Di MAN Surabaya, Qualita Ahsana, Vol. VII, No. 2, Agustus 2005.
  8. Tim Penyusun Buku Pengantar Studi Islam IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2003.
  9. Latihan Mengendalikan Emosi Pada Anak, Majalah Mimbar Pembangunan Agama (MPA), 208/ Januari 2004.
  10. Menuju Madrasah Berbasis Masyarakat dengan Mengoptimalkan Peran Komite Madrasah, MPA, 217/ Oktober 2004.
  11. Menyambut Rencana Guru Sebagai Jabatan Profesi dan Sertifikasi Profesi, MPA, 226/Juli 2005
  12. Perjuangan Minoritas Muslim Rohangya di Myanmar Dalam Menentang Diskriminasi Agama, MPA, 229/Oktober 2005.
  13. Renungan Hari Ibu: Kekerasan pada Anak dalam Keluarga sebagai Kegagalan Pengasuhan, Majalah Aula, Desember 2006.
  14. Menyimak Pandangan NU tentang Pornografi dan Ponoaksi, Majalah Aula, Juni 2006.
  15. Menggairahkan Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Mengatasi Kendala Kenaikan Pangkat Guru, MPA, 248/Mei 2007.
  1. Pendidikan Multikultural: Upaya Membangun Keberagamaan Inklusif di Sekolah, Jurnal Islamica 1. Nomor 2, Maret 2007 http://islamica.uinsby.ac.id/index.php/islamica/article/view/15, DOI: https://doi.org/10.15642/islamica.2007.1.2.135-145
  1. Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum Konsep dan Aplikasinya di Universitas Islam Negeri, Surabaya: Dakwah Digital Press, 2008.
  2. Tim Penyusun, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Inovatif, Surabaya: Toga Mas, 2008.
  3. Tim Penyusun, Bahan Ajar Psikologi Belajar, LAPIS PGMI, 2009.
  4. Tim Penyusun, Bahan Ajar Strategi Pembelajaran, LAPIS PGMI, 2009.
  5. Penelitian Tindakan Kelas, Surabaya: IAIN Press, 2010.
  6. Editor, Metode Tafsir Tematis M. Baqir Al-Sadr Mendialogkan Realitas Dengan Teks, Surabaya: CV. Putra Media Nusantara, 2010.
  7. Model dan Strategi Pembelajaran Aktif, Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Surabaya: CV. Putra Media Nusantara kerjasama dengan IAIN Press, 2010.
  8. Kehadiran Perempuan sebagai Kepala Madrasah (Studi terhadap Kepala Madrasah Negeri Perempuan di Kabupaten Jombang), Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 1. No.1. Tahun 2011.
  9. Integrasi Multidisipliner Model Twin Tower: Upaya Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel, Jurnal Didaktika Islamika,Vol. XII, No. 2 Desember, 2011.
  1. Kualifikasi Guru BK dan Keberhasilan Pelaksanaan Program di SMA Negeri 4 Sidoarjo, Jurnal Kependidikan Islam 3 No. 2 Tahun 2013, Laman, http://jurnalki.uinsby.ac.id/index.php/jurnalki http://digilib.uinsby.ac.id/19662/
  1. Pemanfaatan Weblog sebagai Media untuk Mengembangkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Halaqah Nasional  dan Seminar Pendidikan Islam. 1-2 Juli 2013, ISBN: 978-602-71376-5-3. 13 hal. Penerbit: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan  Ampel.
  2. Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Sains) Sebagai Upaya Mengintegrasikan Sains Dan Ilmu Agama Tawaran Epistemologi Islam Bagi Universitas Islam Negeri, Prociding Halaqah Nasional dan Seminar Internasional. 23-24 Mei 2014, ISBN: 978-602-72001-6-3. hal. 395-411 Penerbit: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan . Laman:. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/6490.
  3. Curriculum, Islamic Understanding And Radical Islamic Movements In Indonesia, Journal of Indonesian Islam Vol. 10 Nomor 2 (2016) DOI: 10.15642/JIIS.2016.10.2.285-308, Jurnal Internasional Terindex Scopus. laman http://jiis.uinsby.ac.id/index.php/JIIs/issue/view/20,
  4. Model Kurikulum Integratif Pesantren Mahasiswa dan UIN Maliki Malang, Jurnal Ulumuna Vol. 18. Nomor 1. Juni 2014 Laman http://oaji.net/articles/2015/1792-1426574814.pdf
  5. Landasan Fondasional Integrasi Keilmuan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Sunan Ampel Surabaya, Jurnal Islamica Vol. 10. Nomor 1, September 2015 Laman DOI:

https://doi.org/10.15642/islamica.2015.10.1.248-276

  1. Understanding the Cognition Process of the Students using the Internet as a Learning Resource Jurnal Nasional Terakreditasi, Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No. 1 (2017), hal. 57-68. DOI:

https://doi.org/10.15575/jpi.v3i1.928

  1. Sistem Pendidikan Tinggi Integrated (Kajian terhadap Model Integrasi Pesantren di UIN Malik Ibrahim Malang) Prociding Seminar dan Workshop Nasional ISBN: 9786029584547  hal: 393-414. Penerbit UIN Maliki Press. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19809
  2. Buku Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Penerbit: Kencana ISBN 9786024221478, 229 halaman. http://digilib.uinsby.ac.id/17753/

  1. Buku Desain Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel dari Pola Pendekatan Dikotomis Ke Arah Integratif Multidisipliner Model Twin Towers, Cet. II Penerbit: IAIN Sunan Ampel Press ISBN 9786029239447 Laman: http://digilib.uinsby.ac.id/19682/
  2. "Membangun Keilmuan UIN Sunan Ampel Surabaya dengan Paradigma Integrated Twin Towers: Model Pentadik Integralisme Monistik Islam" dalam Buku UINSA EMAS Menuju World Class University, Penerbit: UIN Sunan Ampel Press, ISBN: 9786023320509, hal:.139-153. http://digilib.uinsby.ac.id/17064/2/Buku%20UINSA%20EMAS.pdf
  3. Husniyatus Salamah Zainiyati dan Dhimas Dwi Nugraha Hadistya, “Students Participation and Perception in Threaded Online Discussion”, Proceedings of International Conference on English Language Teaching (ICONELT 2017), Atlantis Prees. , https://doi.org/10.2991/iconelt-17.2018.51
  4. Husniyatus Salamah Zainiyati dan Atmari, “Learning Design of Citizenship Education in Indonesia after Ahok Tragedy; “Shape of Social Media and Critical-Literacy in Educational Process”, Jurnal Tarbiyatuna, Vol 11 No 1 (2018). 
  5. Husniyatus Salamah Zainiyati, dkk., Penerapan JIGSAW learning melalui whatsapp untuk memahami materi Quran Hadits surah Al Humazah, Journal of Applied Linguistic and Islamic Education, 5 (1). (2021), pp. 25-51
  6. Husniyatus Salamah Zainiyati, dkk., Design For Learning Al-Qur'an Hadith Model Flipped Classroom Based On Microsoft Teams In MAN IC Paser, Indonesia , International Journal of Education and Research, 9 No. 1 January 2021.
  7. Husnul Khotimah, Husniyatus Salamah Zainiyati, dkk., E-learning application Madrasah online learning solution in the middle of pandemic Covid-19 in Ma Negeri Insan Cendekia, Kendari, Technium Soc. Sci. J, 10.
  8. Imam Mawardi, Husniyatus Salamah Zainiyati, Metodologi Keilmuan Islami: rekonstruksi dan aktualisasi Ajaran Ta'lim al-Muta'allim, bimbingan metode balajar untuk meraih prestasi gemilang, Jakarta: eL-SiQ Tabaqurrahman, 2020.
  9. Imam Jafar Shodiq dan Husniyatus Salamah Zainiyati, Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu, Jurnal Studi islam Al-Inshiroh, Vol. 6 No. 2 (2020).
  10. Mohammad Fathoni, Husniyatus Salamah Zainiyati, PEMANFAATAN WEBSITE MADRASAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI MTs KEDUNGJAMBE SINGGAHAN TUBAN, Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4 (2), 2020.199-217.
  11. Sri Bulan, Husniyatus Salamah Zainiyati, Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser, SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), Vol. 8 Issue 1 (2020), 15-34.
  12. Citra Putri Sari, Husniyatus Salamah Zainiyati, Rudy l Hana, Building students’ character through prophetic education at madrasa, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8 No. 1 (2020), 27-36.
  13. Ahmad Muzakki, Husniyatus Salamah, dkk,, Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10 No. 01 (2021), 149-162.
  14. Lutfi Hakim dan Husniyatus Salamah Zainiytati, PENGGUNAAN ONLINE LEARNING PADA MATAKULIAH HERMENEUTIKA AL QURAN (STUDI TERHADAP MAHASISWA SEMESTER VI STAI AL ANWAR SARANG REMBANG), Jurnal Tarbiyatuna, Vol. 5 no. 1 (2021), 01-014.
  15. Ika Wahyu Nurdiana dan Husniyatus Salamah Zainiyati, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IV DI MI HIDAYATUL ULUM, Jurnal Edudeena, Vol. 4 No. 2 (2021)
  16. Khoirun Niswatin dan Husniyatus Salamah Zainiyati, Implementasi model SAMR (Substitution, Augmentation, Modification, Redefinition) di MI Al Ishlah Glagah Lamongan, Jurnal Tadris, Vol. 16 No. 2 (2020), 283-293.
  17. Sholeh dan Husniyatus Salamah Zainiyati, Does Motivation, Personality and Environment Influence Enthusiasm of Generation Z to Contuining Study to Higher Education?, International Journal of Educational Research Review, Vol. 5 No. 4 (2020), 287-295.
  18. Siti Munawaroh dan Husniyatus Salamah zainiyati, Kendala Penggunaan Google Classroom Dalam Pembelajaran Qur’an-Hadits Di Tengah Pandemi Covid-19 pada Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Ulum Lamongan, Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 16 No. 1 (2021).
  19. Luthfil Hakim, Husniyatus Salamah Zainiyati, Rudy Al Hana, Siti Farrohah Alimina, The Implementation of ADDIE Al-Quran Hadith Learning Design Model at MTs Assathi’ Karas, Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 16 No. 1 (2021).
  20. Hernik Farisia, Husniyatus Zainiyati, Ali Mudlofir, Siti Lailiyah, Pendampingan Pengembangan Budaya Baca di MI Yaphiston Surabaya, Publikasi Pendidikan, Vol. 11 No. 2 (2021), 93-106.
  21. Husniyatus Salamah Zainiyati, Rudy Al Hana, Alaika Sakdullah, Pendidikan Islam Berbasis Karakter Perspektif Gus Dur dan Cak Nur, Jakarta: Rajawali Buana Pustaka, 2021.
  22. Asykur, Husniyatus Salamah Zainiyati, Siti Munawaroh, Desain Pembelajaran Qur’an Hadist Model Jerold E. Kemp Berbasis Multimedia Di Madrasah Tsanawiyah, JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), Vol. 6 No. 1 (2021).
  23. Miftahul Khair Abdul Muqsith, Husniyatus Salamah Zainiyati, Studi komparasi penggunaan WhatsApp dan Schoology terhadap hasil belajar di masa darurat, JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA (JPE), Vol. 8 No. 1 (2021), 57-62.
  24. Husniyatus Salamah Zainiyati, Rudy al Hana, Citra Putri Sari, PENDIDIKAN PROFETIK: Aktualisasi & Internalisasi dalam Pembentukan Karakter, Surabaya: Goresan Pena, 2020.
  25. Lailaturrohmahand Zainiyati, Husniyatus Salamah, Inovasi pembelajaran agama Islam menggunakan mobile learning Quizizz di SMA Shafta pada Era Pandemi. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4 (2). 2020, 255-269.
  26. Dani Cahyani Rahayu, Suryani, Husniyatus Salamah Zainiyati, IDENTIFICATION OF VACUUM LEARNING STYLES (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC) PRIMARY SCHOOL STUDENTS IN INDONESIA, International Journal of Education and Research Vol. 8 No. 9 September 2020, 181.

 

                                                                       Surabaya,  September 2021

Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag