Strategi Pencapaian

Untuk mencapai sasaran poin nomer satu (1) yaitu untuk meningkatkan wawasan dan kualitas mahasiswa melalui serangkaian kegiatan akademik dan non-akademik, maka dilakukan strategi pencapaian sebagai berikut;

  1. Melakukan riview kurikulum Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam secara berkala;
  2. Melakukan penilaian secara integral dan komprehensif;
  3. Melakukan pembelajaran secara aktif dan partisipatif;
  4. Mendatangkan pakar dan atau dosen ahli dalam dan luar negeri;
  5. Menfasilitasi mahasiswa dalam kegiatan peningkatan mutu akademik;
  6. Memanfaatkan laboratorium untuk mengembangkan kompentensi lulusan;
  7. Memaksimalkan potensi intelektual akademik mahasiswa melalui publikasi ilmiah dalam level lokal, nasional, dan internasional.

 

Untuk mencapai sasaran poin nomer dua (2) yaitu untuk meningkatkan wawasan dan kualitas kegiatan dosen melalui keikutsertaan dosen dalam program-program bertaraf nasional dan internasional semacam seminar, konferensi, shortcourse dan program sandwich, ditempuh strategi pencapaian sebagai berikut;

  1. Melakukan perekrutan dosen yang berkompeten sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan;
  2. Menfasilitasi dosen untuk mengikuti kegiatan seminar konferensi, shortcourse dan program sandwich;
  3. Menfasilitasi dosen untuk mengadakan penelitian tingkat nasional dan internasional.

Untuk mencapai sasaran poin nomer tiga (3) yaitu untuk mengimplementasikan sistem penjaminan mutu yang meliputi aspek akademik dan non-akademik, dilakukan strategi sebagai berikut;

  1. Melaksanakan program-program penjaminan mutu;
  2. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap perencanaan perkuliahan;
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan perkuliahan;
  4. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proses evaluasi perkuliahan oleh dosen;
  5. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap aspek kepuasan seluruh pemangku kepentingan.

Untuk mencapai sasaran poin nomer empat (4) yaitu supaya mempercepat proses penyerapan hasil-hasil penelitian dan produk ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam yang dihasilkan oleh dosen, mahasiswa, dan alumni PPs oleh seluruh pemangku kepentingan, dilakukan strategi berikut ini:

  1. Menerbitkan berkala ilmiah, baik nasional maupun internasional;
  2. Menerbitkan sinopsis hasil-hasil penelitian mahasiswa dalam bentuk antologi kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam;
  3. Menerbitkan hasil penelitian mahasiswa dan dosen dalam bentuk buku yang dipasarkan di kalangan terbatas maupun umum;
  4. Mengunggah data-base kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam secara online dalam bentuk repository yang bisa diakses secara luas.

Untuk mencapai sasaran poin nomer lima (5) yaitu mengembangkan kerja sama antara Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan lembaga-lembaga perguruan tinggi dan institusi lainnya baik dalam negeri maupun luar negeri dengan memanfaatkan  jaringan asosiasi ikatan alumni, telah ditempuh strategi sebagai berikut:

  1. Melakukan kerjasama antar program PPs secara lokal, nasional, regional dan internasional;
  2. Melakukan kerjasama antara Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan lembaga-lembaga akademik dan non-akademik seperti instansi pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga dakwah, lembaga bisnis media elektronika dan cetak, dan lain sebagainya;
  3. Membentuk jaringan antar alumni berbasis online dan ikatan alumni yang berfungsi mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan berbagai program dan aktivitas Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam;
  4. Mengoptimalkan jejaring informasi dunia kerja baik formal maupun nonformal melalui pemasangan iklan/lowongan kerja di papan pengumuman dan website PPs.