Program studi biologi menetapkan kurikulum berbasis KKNI sebagaimana Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum ini disusun dengan memperhatikan Pedoman Naskah Akademik untuk Program Sarjana dari asosiasi KOBI (Konsorsium Biologi Indonesia) tahun 2018 serta dengan mempertimbangkan integrasi keilmuan yang menjadi penciri UIN Sunan Ampel Surabaya.

BUKU KURIKULUM 2016

BUKU KURIKULUM 2021

Perancangan Kurikulum KKNI dilakukan secara bertahap melalui review kurikulum dan redesign kurikulum sejak tahun 2015, dan berdasarkan SK DEKAN ditetapkan profil lulusan sarjana sains bidang biologi sebagai berikut:

Mata kuliah (MK) pada program studi biologi terdiri atas  149 SKS.  Mata kuliah wajib program studi dirancang dengan praktikum berbasis laboratorium maupun berbasis lapangan sebagai bentuk penguatan materi kepada mahasiswa. Berikut adalah sebaran Mata kuliah di program studi Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Selain 139 SKS wajib yang tersebar pada 8 semester, kurikulum pada program studi menyediakan 32 sks MK pilihan yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir. MK pilihan ini tersebar pada semester ganjil dan genap dengan pembagian sebagai berikut

 

 

METODE PEMBELAJARAN

 

 

OUTPUT PEMBELAJARAN

 

MK Bioteknoprenuer, sebuah mata kualiah yang mengasah kemampuan wirausaha mahasiswa biologi, dengan mengembangkan produk-produk alam menjadi komoditas dagang dengan nilai tinggi. Misalnya : Kombucha (teh dengan fermentasi), Mie-Kan (edible bioplastik pada kemasan mie instan, dll)