KATA SAMBUTAN
Kepala Pusat Ma’had Al-Jami’ah
UIN Sunan Ampel Surabaya

Puji Syukur Alhamdulillah kami haturkan ke khadirat Allah Swt., yang senantiasa memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga kami dapat menjlankan aktivitas sehari-hari dengan baik. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw., sebagai Rasul yang telah mewariskan nilai-nilai moral bagi segenap umat manusia agar senantiasa hidup dalam semangat perubahan dan penyempurnaan.

Ma’had Al-Jami’ah merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) sebagaimana tercantum dalam Ortaker UIN Sunan Ampel. Tugas utama Ma’had Al-Jami’ah sebagaima yang telah diamanatkan oleh Rektor adalah melakukan pendidikan karakter terhadap mahasiswa, praktik Bahasa Indonesia untuk mahasiswa asing, pusat pembinaan tahsin dan tahfidz Al-Qur’an, pengembangan dan praktik skill kebahasaan, dan pendampingan mahasiswa difabel (berkebetuhan khusus), sekaligus menjadi sarana pemahaman dan pengamalan nilai-nilai islam moderat, inklusif dan tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Perkembangan Ma’had Al-Jami’ah dalam dunia kampus saat ini menjadi perhatian banyak pihak, termasuk keberadaan Ma’had Al-Jami’ah di UIN Sunan Ampel. Oleh karena itu, desain model ini dibuat untuk menjawab stigma masyarakat yang menganggap bahwa output yang dihasilkan oleh ma’had (pesantren) menjadi pribadi yang ekslusif, ekstrem, dan radikal.

Akhirnya, semoga dengan kehadiran Desain Model ini memberikan manfaat bagi pengelola Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel khususnya dan semua pihak pada umumnya.