Pada tanggal 9 Juni 2015 berdirilah Unit Kegiatan Mahasiswa yang berada dalam naungan Senat Mahasiswa fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya. Organisasi ini diberi nama MUGI singkatan dari Musik Psikologi. Pemberian nama "MUGI" ini memiliki tujuan yaitu untuk memadukan kesenian musik dengan perasaan jiwa manusia, karena selera musik pada masing masing individu dapat menjadi cerminan dari kepribadiannya. Disisi lain, nama "MUGI" dalam bahasa jawa memiliki arti yaitu "Semoga" yang berarti sebuah harapan. Dengan pemberian nama MUGI, diharapkan organisasi ini memiliki jiwa seni dalam bermusik.

Awal mula berdirinya MUGI ini dilandasi dengan banyaknya mahasiswa psikologi yang memiliki minat pada bidang musik, sehingga pendiri pertamanya yang bernama Arullaut Demince selaku mahasiswa psikologi melakukan musyawarah dengan mahasiswa psikologi lainnya untuk mendirikan organisasi yang berhubungan dengan musik. Kemudian, lahirlah organisasi MUGI ini sebagai wadah bagi mahasiswa Psikologi UINSA untuk menuangkan minat dan bakat pada bidang kesenian.

Kini MUGI tidak hanya menekuni seni musik saja namun organisasi ini juga menekuni beberapa bidang kesenian lainnya seperti seni tari dan lain-lain. Jargon yang melambangkan organisasi ini yaitu Musikku, Jiwaku, menjadi suatu harapan agar para mahasiswa psikologi yang menjadi anggota MUGI ini memiliki jiwa seni yang tinggi.