Announcement

TRANSPORTASI, AKOMODASI DAN KULINER SEKITAR PASCASARJANA UIN SUNAN AMPEL

TRANSPORTASI, AKOMODASI DAN KULINER SEKITAR PASCASARJANA UIN SUNAN AMPEL

TRANSPORTASI, AKOMODASI DAN KULINER SEKITAR PASCASARJANA UIN SUNAN AMPEL

Mahasiswa dari luar kota, luar pulau maupun luar negeri yang diterima di Pascasarjana UIN Sunan Ampel surabaya, harus memikirkan di mana mereka tinggal, bagaimana transportasi, dan bagaimana pula mereka harus makan. Berikut adalah informasi ketiganya yang bisa menjadi panduan buat mahasiswa level magister dan doktoral yang belajar di UIN Sunan Ampel.

 

Transportasi

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya terletak di Jalan A Yani, 117, yang merupakan pintu masuk  kota  Surabaya. Lokasi yang sangat strategis ini menyebabkan  UIN Sunan Ampel sangat mudah dijangkau oleh transportasi publik. Untuk transportasi pesawat, bandara Juanda Surabaya bisa ditempuh sekitar 15 menit dengan akses tol maupun jalan biasa. Sebagai bandara internasional  dan terbesar kedua di Indonesia, mahasiswa yang berasal dari luar negeri dan dari dalam negeri  yang berasal dari wilayah yang jauh,  bisa mengakses bandara ini dengan mudah.  

Adapun untuk moda kereta api, stasiun yang terdekat adalah Wonokromo, disusul Stasiun Gubeng, dan untuk mahasiswa yang berasal dari pantura, ada Stasiun Pasar Turi. Mahasiswa yang memiliki rumah dekat dengan Surabaya, seperti  Mojokerto, Jombang, Sidoarjo, Malang maupun Pasuruan bisa mengakses kereta api jarak dekat. Dengan reformasi yang telah dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia, kereta api telah menjadi moda transportasi yang nyaman dan murah di Indonesia.

Selain kemudahan dengan pesawat dan kereta api, akses bus dan transportasi yang lain juga mudah dari dan ke uinsa. Terminal Bus terbesar di Surabaya, yaitu Bungurasih sangat dekat dengan kampus. Terminal Bus Bungurasih menghubungkan bus dari semua kota di Pulau Jawa maupun luar Jawa, seperti Lintas Sumatera, Bali, maupun Lombok. Sedangkan untuk dalam kota, tersedia bus kota dengan halte yang ada di depan kampus. Bus kota menghubungkan kampus dengan wilayah-wilayah pusat  Surabaya. Sedangkan  transportasi lain, yaitu angkutan umum yang menghubungkan kampus dengan wilayah pinggiran, bisa dengan angkutan kota (angkot). Informasi tentang Bus kota terbaru: https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/armada-baru-suroboyo-bus-kini-pembayarannya-bisa-pakai-elektronik-dan-gratis-buat-pendidik/

Adapun untuk transportasi online,  juga bukan hal yang sulit. Di masa sebelum pandemi, transportasi  gojek dan grab motor banyak  mangkal di depan kampus, sedang untuk online mobil juga bisa dipesan dengan cepat. Karenanya, sangat penting bagi mahasiswa Pascasarjana UINSA untuk memiliki aplikasi online untuk transportasi, terutama bagi mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan sendiri.

 

Akomodasi    

Akomodasi  juga bukan hal yang sulit bagi mahasiswa Pascasarjana UINSA. Mahasiwa Pasca yang berasal dari luar kota, bisa kost di seputar kampus dengan harga yang terjangkau. Fasilitas dan tempat kost menentukan besaran harga sewa perbulannya. Bagi yang tidak ada waktu untuk jalan-jalan mencari kost, beberapa link web ini bisa menjadi solusi:

  1. https://mamikos.com/kost/kost-dekat-uin-surabaya-murah
  2. https://www.reddoorz.com/blog/id/kost/informasi-penting-buat-cari-kost-dekat-uin-surabaya
  3. https://www.sewakost.com/cari/jemur-wonosari-dekat-uin-sunan-ampel/
  4. https://www.lakuno.com/iklan/kos-putra-dekat-uin-sunan-ampel-surabaya/

Secara umum, kost di seputar UINSA mematok harga  seputar 300 ribu sampai satu jutaan, dan mahasiswa bisa memilih sesuai dengan budget yang dimilikinya.  Bagi mahasiswa yang ingin sambil memperdalam kajian keislamannya, bisa tinggal di pesantren yang juga tersedia di seputar kampus. Namun biasanya, peminat yng di pesantren ini adalah mahasiswa S1, adapun mahasiswa magister maupun doktoral lebih memilih kost biasa.

Selain fasilitas kost, bagi keluarga mahasiswa yang ingin berkunjung juga banyak tersedia penginapan, mulai dari guest house, apartemen, maupun hotel melati sampai bintang lima tersedia. Beberapa link ini bisa dibuka untuk mempermudah masyarakat mencari akomodasi di seputar Pascasarjana UIN Sunan Ampel:

  1. https://www.hotelsekitar.com/lokasi/UIN+Sunan+Ampel/-7.325277/112.735043
  2. https://www.hotelinmap.com/place/UIN_Sunan_Ampel_Surabaya/-7.32136/112.735
  3. https://www.skyscanner.co.id/hotel/indonesia/surabaya-hotel/di-dekat-masjid-ulul-albab-iain-sunan-ampel/pl-104164638
  4. https://id.trip.com/hotels/surabaya-uin-sunan-ampel/hotels-c1244m12886992/

 

Kuliner

Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel sangat dimanjakan oleh fasilitas kuliner. Baragam makanan mulai dari Western food, Middle east, Chinese food, Korea dan Jepang maupun kuliner nusantara, tersedia di seputar kampus. Di kampus sendiri, terdapat dua kantin yang menyajikan beragam masakan Jawa. Mahasiswa yang ingin makan pagi dan siang dengan harga murah bisa di kantin UINSA. Untuk yang ingin “nongkrong” di cafe, tersedia beberapa cafe besar seperti Starbuck, Excelso, Bangi, de Mandailing, dan warung-warung kopi kecil maupun kaki lima juga bertebaran.

Beberapa info kuliner seputar kampus UIN Sunan Ampel bisa pula dicek di sini:

  1. https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-life/tempat-tempat-ini-bisa-kamu-kunjungi-jika-menjadi-mahasiswa-uin-sunan-ampel-surabaya/
  2. https://www.google.com/search?q=Cafe+di+Surabaya+Timur&sa=X&ved=2ahUKEwi7x-Hrx8bzAhWjILcAHUVKDGwQ1QJ6BAgNEAE&biw=1093&bih=493&dpr=1.25