Announcement

Rapat Dosen Semester Gasal Tahun Akademik 2021-2022 Fakultas Ushuluddin dan Filsafat

Rapat Dosen Semester Gasal Tahun Akademik 2021-2022 Fakultas Ushuluddin dan Filsafat

Segenap Pimpinan serta Dosen Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Bertemu Menyiapkan Perkuliahan Gasal 2021/2022

 

Memanfaatkan media online zoom, Pimpinan FUF meminta rapat lebih awal dalam rangka mempersiapkan perkuliahan Semester Gasal yang sebentar lagi berlangsung. Selasa, 31 Agustus 2021, sejumlah 80 an partisipan menyimak beberapa arahan yang terkait dengan dasar evaluasi perkuliahan semester sebelumnya, hingga persiapan teknis semester berikutnya.

Selaku yang memimpin rapat, Wakil Dekan 1 Bagian Akademik, Dr. Suhermanto, M.Hum mengingatkan agar infrastruktur sistem informasi yang digunakan sebagai media pembelajaran daring harus benar-benar dipergunakan secara optimal sebagaimana pedoman. Seluruh pengajar (tenaga pendidik) serta sistem pendukung (tenaga kependidikan) tidak dapat mengabaikan optimalisasi penggunaan sarana ini sebagai wujud pelayanan terbaik FUF terhadap mahasiswa.

Lebih lanjut, Dr. Herman berpesan bahwa semua poin penting mengenai layanan akademik mahasiswa, mulai dari layanan perwalian yang meliputi monitoring dan evaluasi kemajuan akademik mahasiswa, perencanaan studi (KRS), hingga layanan belajar perlu pengawasan lebih disiplin. Semua pihak harus memperhatikan tertib administrasi serta dokumentasi terhadap keseluruhan transaksi akademik fakultas melalui Sistem SINAU.

Senada dengan itu, Dekan FUF, Prof. Dr. H. Kunawi, M.Ag tidak henti mewanti-wanti bahwa yang terpenting bagi FUF adalah semakin baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan kepada masyarakat, dalam hal ini kepada mahasiswa. Progres kemajuan layanan ini akan tampak dari sisi manajemen pengelolaan lembaga melalui kedisiplinan mematuhi sistem penjaminan mutu, serta dari sisi semangat melampaui sistem (Indeks Kinerja Tambahan).

Bagi Prof. Kun, salah satu yang perlu diperhatikan adalah model perkuliahan yang semua serba daring harus diikuti oleh penyesuaian hal lain seperti modifikasi karakter Rencana Pembelajaran Semester atau Silabus setiap matakuliah menjadi RPS yang bukan lagi untuk luring tetapi RPS untuk daring. Semua hal harus selalu ditingkatkan menjadi bagian tak terpisahkan dari tuntutan peningkatan layanan, termasuk peningkatan fungsi antar muka pada website FUF sebagai wajah lembaga.

Terakhir, FUF akan mengawal pemantauan dan evaluasi proses pembelajaran Semester Gasal 2021/2022 ini dengan menyiapkan skenario daring maupun luring jika nanti dimungkinkan ada kebijakan yang membolehkan luring. FUF juga akan mengejar menyempurnakan semua jenis panduan yang bersifat memudahkan kinerja layanan. Hal ini ditegaskan oleh Dr. Hj. Iffah Muzammil selaku Wakil Dekan II Bidang Keuangan. Lebih lanjut, beliau akan terus memastikan ketepatan data dalam pemberian kuota kepada mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan daring yang hingga kini masih saja ada beberapa mahasiswa yang merasa belum menerima. [Tim Web FUF]