UINSA Column

Reformasi Kebijakan Perpajakan di RUU KUP

Reformasi Kebijakan Perpajakan di RUU KUP

Webinar tematik perpajakan dengan mengusung tema Reformasi Kebijakan Perpajakan di RUU KUP yang diselenggarakan oleh Program Studi Akuntansi yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi UIN Sunan Ampel Surabaya pada Jum’at, 30 Juli 2021. Webinar disampaikan secara langsung oleh Bapak Yanuar Nugroho, S.E., M.Sc., Ak., CA., ACPA., AWP., CRA., yang merupakan Kaprodi D3 Akuntansi Vokasi Universitas Airlangga, Surabaya. Webinar berlangsung selama 3 (tiga) jam yang dipandu oleh Ibu Dwi Koerniawati, SE., MA., Ak., CA., selaku Dosen Akuntansi FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, webinar mengulas lebih jauh tentang urgensi reformasi perpajakan dan fungsi APBN sebagai instrumen kebijakan dan pembangunan di Indonesia. Tidak hanya itu, persoalan terkait tax ratio Indonesia masih relatif rendah.

Suasana penyampaian materi dalam webinar perpajakan

Menurut Bapak Yanuar Nugroho, penerimaan pajak menjadi kontributor utama penerimaan sejak tahun 1992. “Sejak tahun 1983 dan sebelumnya, saya mengamati bahwa PNBP SDA merupakan penyumbang utama penerimaan negara”, ungkap Dosen Universitas Airlangga tersebut. Lebih lanjut, “Seiring berjalannya waktu, PNBP SDA mengalami penurunan dan sejak tahun 1992, pajak mulai menjadi tulang punggung penerimaan negara”, tambah Kaprodi D3 Akuntansi Vokasi Universitas Airlangga tersebut.

Webinar diakhiri dengan diskusi tanya jawab selama kurang lebih satu jam dan ditutup dengan doa serta sesi foto bersama.

 

Oleh : Mochammad Ilyas Junjunan