UINSA Column

Penelitian itu, tinggal "klik" saja

Penelitian itu, tinggal "klik" saja

Webinar metodologi series Meneropong Penelitian Akuntansi dengan Paradigma Interpretif lanjutan ketiga dengan mengusung tema Netnografi: Alternatif Metode Riset Akuntansi Era New Normal serta Implementasi Metode Netnografi untuk Riset Akuntansi yang diselenggarakan oleh Program Studi Akuntansi yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi UIN Sunan Ampel Surabaya pada Kamis, 26 Agustus 2021.

Webinar disampaikan secara langsung oleh Ibu Dr. Hamidah, M.Si., Ak., yang merupakan Dosen Univesitas Airlangga Surabaya, selain itu narasumber kedua disampaikan secara langsung oleh Ibu Binti Shofiatul Jannah, SE., M.S.A., CSRS., CSRA., yang merupakan Dosen Akuntansi UIN Sunan Ampel Surabaya. Webinar yang berlangsung selama 3 (tiga) jam tersebut dipandu oleh Bapak Mochammad Ilyas Junjunan, M.A., selaku Dosen Akuntansi FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Hamidah mengulas tentang memanfaatkan media sosial untuk penelitian akuntansi dengan netnografi. Aktivitas work from home (WFH) akibat pandemi memunculkan kebiasaan yang bisa jadi akan mengarah pada perubahan budaya besar, yaitu aktivitas online secara global. Potensi yang luar biasa dari aktivitas online tersebut memberikan arah “baru” riset yang bisa kita lakukan, yaitu Netnografi.

“Netnografi = internet + etnografi”, tegas Dosen Akuntansi Universitas Airlangga tersebut. Lebih lanjut, dijelaskan secara langsung tahapan dari netnografi, “Secara keseluruhan penelitian metode netnografi dilakukan melalui tahapan seperti planning, entree, data collection, data analysis, data interpretation, dan research representation” ungkapnya.

Berbeda dengan Ibu Binti yang menjelaskan Netnografi sebagai “alat” riset, “Netnografi menjembatani kita dalam memahami dan memaknai realitas di dunia maya sampai kepada dampak mendalam  yang ditimbulkannya, sehingga metode Netnografi merupakan pendekatan riset secara online berbasis antropologi atau turunannya yaitu etnografi”, tegas Dosen Akuntansi Manajerial UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut. “Penelitian itu, tinggal klik saja”, tambahnya.

Webinar diakhiri dengan diskusi tanya jawab selama kurang lebih satu jam dan ditutup dengan do’a serta sesi foto bersama.