UINSA Column

Mengupas Metodologi Penelitian Kualitatif Fenomenologi untuk Riset Akuntansi

Mengupas Metodologi Penelitian Kualitatif Fenomenologi untuk Riset Akuntansi

Webinar metodologi series Meneropong Penelitian Akuntansi dengan Paradigma Interpretif dengan mengusung tema Mengupas Metodologi Penelitian Kualitatif Fenomenologi untuk Riset Akuntansi yang diselenggarakan oleh Program Studi Akuntansi yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi UIN Sunan Ampel Surabaya pada Jum’at, 13 Agustus 2021. Webinar disampaikan secara langsung oleh Ibu Dr. Rahayu Indriasari, SE., M.S.A., Ak., CA., yang merupakan Dosen Univesitas Tadulako, Indonesia. Webinar berlangsung selama 3 (tiga) jam yang dipandu oleh Ibu Binti Shofiatul Jannah, SE., M.S.A., CSRS., CSRA., selaku Dosen Akuntansi FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, webinar mengulas tentang paradigma kualitatif: penggunaan metode fenomenologi dalam penelitian akuntansi. Selain pembahasan metode fenomenologi, beberapa pendekatan kualitatif dijabarkan meliputi pendekatan etnografi, etnometodologi, dan fenomenologi itu sendiri.

Ibu Rahayu menjelaskan fenomenologi dalam konteks pendekatan Husserl, “Apa yang sebenarnya terlihat dalam fenomena secara tepat sebagaimana ia menghadirkan dirinya lebih dari pada menafsirkannya, dan kemudian menggambarkannya, dengan penuh kejujuran. Tujuannya adalah untuk menangkap kebenaran dari teks, sebagaimana adanya, yaitu kebenaran yang hakiki atas teks”, tegas Dosen Universitas Tadulako tersebut.

“Metode apapun tidak bisa diharapkan untuk dapat menemukan kenyataan, setiap metode tidak menangkap objek sebagaimana adanya, melainkan hanya menangkap objek sebagaimana yang dimungkinkan oleh alat, metode, dan pandangan-pandangan paradigmanya”, ungkapnya. Setelah diskusi dan tanya jawab selama kurang lebih satu jam, webinar diakhiri dengan dengan doa serta sesi foto bersama.

 

Oleh : Mochammad Ilyas Junjunan