UINSA Column

Kegiatan Sertifikasi Luring Prodi Akuntansi UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi Percontohan IAI Jawa Timur

Kegiatan Sertifikasi Luring Prodi Akuntansi UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi Percontohan IAI Jawa Timur

Kegiatan Penyertaan Mahasiswa Mengikuti Sertifikasi Profesi di Bidang Akuntansi Profesi diselenggarakan oleh Program Studi Akuntansi UINSA setiap tahun bekerjasama dengan IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) Jawa Timur. Kegiatan ini ditujukan bagi seluruh mahasiswa akuntansi semester VII. Tujuan pelaksanaan kegiatan Penyertaan Mahasiswa Mengikuti Sertifikasi Profesi di Bidang Akuntansi Profesi adalah memberikan sertifikat kompetensi dan profesi pada calon lulusan program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai bekal pendamping yang dapat dimanfaatkan lulusan untuk kesiapan bersaing dalam dunia kerja.

Pada tahun 2021 ini, kegiatan Penyertaan Mahasiswa Mengikuti Sertifikasi Profesi di Bidang Akuntansi Profesi dilaksanakan dalam Ujian Sertifikasi Keahlian Akuntansi Dasar (USKAD). Sebelum pelaksanaan USKAD, panitia yang terdiri dari dosen dan JFU melakukan beberapa persiapan diantaranya adalah melakukan pembagian peserta ujian menjadi 6 (lima) kelompok dari 91 mahasiswa yang dibimbing oleh dosen pembimbing lapang (DPL). Pembagian kelompok ini bertujuan untuk memberikan pendampingan pada peserta untuk persiapan dalam pelaksanaan USKAD.

Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, kegiatan Penyertaan Mahasiswa Mengikuti Sertifikasi Profesi di Bidang Akuntansi Profesi dilaksanakan via luring (offline) dengan tetap mengedepankan protokol Covid-19 dan peserta US KAD diharuskan sudah mendapatkan vaksin Covid-19 minimal 1 (satu) kali. Dalam hal ini, Program Studi Akuntansi UINSA menjadi percontohan dalam kegiatan sertifikasi IAI Jatim yang diselenggarakan secara luring (offline).

Kegiatan USKAD ini diselenggarakan pada tanggal 25-26 Oktober 2021 di gedung FEBI UINSA. Kegiatan berlangsung mulai pukul 06.30 WIB s/d selesai. Kegiatan USKAD terbagi menjadi dua ujian yakni ujian Jasa yang diselenggarakan pada hari pertama dan ujian Dagang yang diselenggarakan pada hari kedua. Dalam pelaksanaannya, kegiatan USKAD berjalan dengan kondusif dan lancar. Kegiatan USKAD yang diselenggarakan Program Studi Akuntansi UINSA ini juga mendapat perhatian dan apresiasi positif dari Ketua IAI Jatim, Prof. Basuki, M.Com (Hons)., Ph.D., Ak., CA., CMA., ACPA., ASEAN CPA. yang berkunjung pada hari pelaksanaan USKAD.

Simak selengkapnya https://youtu.be/IPQG-zKFVHQ.

 

 

Oleh: Selvia Eka Aristantia