UINSA Column

Audit Berbasis Risiko dalam Masa Pandemi

Audit Berbasis Risiko dalam Masa Pandemi

Webinar tematik audit dengan mengusung tema Risk Based Audit During Pandemic Time yang diselenggarakan oleh Program Studi Akuntansi bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi UIN Sunan Ampel Surabaya pada Rabu, 21 Juli 2021. Webinar disampaikan secara langsung oleh Bapak Galih Baskoro yang merupakan Senior Manager PWC Indonesia. Webinar berlangsung selama 3 (tiga) jam yang dipandu oleh Ibu Ratna Anggraini Aripratiwi, M.S.A., Ak., CA., selaku Dosen Akuntansi FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, webinar mengulas terkait perhatian utama pengguna laporan keuangan dalam masa pandemi, lalu hal-hal penting untuk menunjang kinerja dan kualitas audit selama masa pandemi, dan isu-isu audit yang perlu diperhatikan dalam masa pandemi.

Suasana webinar audit risk based audit during pandemic time

Menurut Bapak Galih Baskoro, hal-hal yang sangat penting untuk menunjang kinerja dan kualitas audit selama pandemi perlu menjadi fokus utama auditor. “Auditor harus mendapatkan bukti audit yang cukup dan tepat, dan tidak lalai pada peristiwa setelah tanggal pelaporan”, ungkap Senior Manager PWC tersebut. Lebih lanjut, “Kita harus menjaga komunikasi dan pelaporan secara baik kepada klien, dan konsisten pada skeptisisme profesional”, imbuh alumnus UGM tersebut.

Webinar diakhiri dengan diskusi tanya jawab selama kurang lebih satu jam dan ditutup dengan doa serta sesi foto bersama.

 

Oleh : Mochammad Ilyas Junjunan