News

WORKSHOP SUBMIT JURNAL OJS PENGABDIAN MASYARAKAT SERIES 2 PRODI PENDIDIKAN IPA UINSA

WORKSHOP SUBMIT JURNAL OJS PENGABDIAN MASYARAKAT SERIES 2 PRODI PENDIDIKAN IPA UINSA

Dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang Pengabdian Masyarakat dan meningkatkan semangat kepenulisan ilmiah bagi Guru dan mahasiswa, Prodi Pendidikan IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menggelar Kegiatan Workshop Submit Jurnal Berbasis Open Juornal System (OJS) bekerjasama dengan MI Raudhatul Banat. Kegiatan Workshop ini dilaksanakan secara online melalui Platform Zoom Cloud Meeting dan dihadiri oleh 50 peserta dari kalangan Guru maupun mahasiswa PLP dari Prodi Pendidikan IPA dan Pendidikan Guru MI. Workshop dimulai dengan Pemutaran Video Profil Program Studi Pendidikan IPA dan pembukaan oleh Kajur Pendidikan MIPA Dr. Suparto, M.Pd.I. Hadir 4 narasumber dalam kegiatan ini diantaranya Dr. Nur Wakhidah, M.Si yang menyampaikan overview penulisan artikel jurnal dan Scope Jurnal Pendidikan; Ita Ainun Jariyah, M. Pd. menyampaikan materi berkaitan dengan langkah-langkah penulisan artikel jurnal sampai menerapkan template; Sri Hidayati L, M.Kes menyampaikan materi berkaitan dengan penggunaan reference manager dalam penulisan referensi artikel; serta Muh. Ma'arif, S.Pd sebagai narasumber yang menyampaikan materi berkaitan dengan teknik submit jurnal berbasis OJS 3.

Dr. Nur Wakhidah, M.Si  menyampaikan pentingnya penulisan jurnal terutama untuk profesi dosen dan guru serta untuk mahasiswa yang sedang menempuh PLP 2 dan mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan. Bagi dosen dan guru, menulis jurnal penting untuk kenaikan pangkat/jabatan dan menunjukkan eksistensi sebagai dosen maupun guru. Bagi mahasiswa yang sedang PLP 2, menulis jurnal penting karena sebagai syarat untuk lulus PLP 2. Bagi mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan reguler, menulis jurnal penting sebagai pengganti skripsi terutama dalam masa pandemi.  Nur menambahkan bahwa secara garis besar alur menulis jurnal dapat dimulai dengan browsing di website sinta ristekdikti, kemudian dilanjutkan dengan menyesuaikan template sesuai ketentuan jurnal yang menjadi target dan di submit. Salah satu tips agar manuscript artikel dapat diterima diantaranya adalah kesesuaian dengan  focus dan scope jurnal, kekayaan referensi, template dan lainnya.

Format artikel dapat berupa format artikel hasil penelitian dan format artikel non penelitian. Contoh format artikel hasil penelitian dapat berupa penelitian kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari suatu eksperimen. Contoh format artikel non penelitian adalah berupa review jurnal-jurnal yang berasal dari jurnal-jurnal sinta 1, 2, atau dari jurnal-jurnal internasional bereputasi. Dalam membuat judul harus informatif dan komprehensif., mencerminkan isi artikel, dan memuat variabel-variabel yang diteliti.