News

“What’s Next After Graduation? Challenges and Opportunities”, Sharing Session Calon Wisudawan 96 Prodi Arsitektur UIN Sunan Ampel Surabaya

“What’s Next After Graduation? Challenges and Opportunities”, Sharing Session Calon Wisudawan 96 Prodi Arsitektur UIN Sunan Ampel Surabaya

Pembekalan calon wisudawan merupakan agenda rutin Prodi Arsitektur UIN Sunan Ampel hasil kolaborasi dengan mahasiswa. Pada periode wisuda ke 96 pembekalan mengangkat tema “What’s Next After Graduation? Challenges and Opportunities”. Menghadirkan narasumber dari dosen dan alumni untuk memberikan masukan dan motivasi terkait studi lanjut dan dunia kerja. Acara diselenggarakan pada hari Minggu 12 September 2021 secara daring melalui media Zoom, yang dihadiri oleh dosen, calon wisudawan dan mahasiswa Prodi Arsitektur.

Narasumber pertama Bapak Faruq Ibnul Haqi, PhD (Cand) merupakan dosen Prodi Arsitektur UIN Sunan Ampel Surabaya yang saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di University of South Australia. Beliau menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), pada kesempatan tersebut beliau menekankan pentingnya untuk terus belajar meskipun sudah lulus. Banyak peluang pendidikan dan beasiswa yang dapat diakses secara terbuka. Saat ini PPI mempublish Kalender Beasiswa’ yang merupakan himpunan data-base tentang informasi beasiswa dari berbagai negara. Dibagikan juga langkah-langkah yang dapat ditempuh guna mendapat beasiswa ke luar negeri, serta tips dan trik agar dapat sukses belajar di luar negeri. Pada akhir kesempatan disampaikan harapan untuk mahasiswa dan calon wisudawan untuk selalu mengembangkan diri. Secara khusus beliau juga mengajak untuk berani menjelajah untuk belajar di luar negeri.

Sharing sesson sesi alumni yang pertama disampaikan oleh Bacharudin Sapto Adi, S.Ars, merupakan alumni lulusan pertama Prodi Arsitektur UIN Sunan Ampel Surabaya yang bekerja di bidang engineering. Rudi menyampikan pengalamanya berpindah dari bidang pengembangan property menjadi seorang project engineer. Mahasiswa perlu memiliki networking yang luas untuk mendapatkan peluang-peluang kerja. Kepercayaan diri dan pembawaan diri menjadi kunci penting agar dapat diakui kinerja kita. Selalu berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik dan tidak malu untuk bertanya (selalu belajar hal baru) perlu menjadi semangat yang harus dikembangkan sejak mahasiswa. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris sangat penting juga dalam era pembangunan gobal agar mampu berkomunikasi dan menyampaikan aspirasi. Sebagai lulusan Prodi Arsitektur UIN Sunan Ampel Surabaya harus bangga dengan almamater, karena secara kemampuan tidak kalah dengan alumni dari perguruan tinggi lain yang lebih besar.

Halo Arsitek merupakan biro arsitektur yang didirikan oleh dua orang alumni Prodi Arsitektur yaitu Ahmad Fariz Hawari, S.Ars (lulus tahun 2020) dan Elang Mulya Perkasa, S.Ars. (lulus tahun 2021) Mengawali bisnis melalui media sosial instragram pada bidang edia sejak tahun 2016, sejak tahun 2019 Halo Arsitek telah berkembang menjadi biro arsitek dengan proyek di berbagai kota di Indonesia. Mengawali kolaborasi dengan biro arsitek ternama seperti Andy Rahman, Ary Indra, serta Budi Pradono pada tahun 2018 saat ini Halo Arsitek telah memiliki lebih daroi 100 ribu follower yang tentunya berimplikasi pada proyek yang dikerjakan semakin banyak dan beragam. Kedua alumni menyatakan pentinnya menjalin networking, mengutamakan “value” dan menjadi pebisnis yang berfokus pada “people”. Perjalanan menjadi seperti saat ini diakui melewati proses yang tidak mudah namun harus dihadapi. Kolaborasi dengan ahli pada bidang lain dan selalu ingin tahu hal-hal baru menjadi kunci untuk selalu berkembang.

Pada kesempatan tersebut calon alumni memberikan kontribusi berupa buku referesi untuk melengkapi ruang baca Prodi Arsitektur. Perwakilan alumni menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada tim dosen prodi yang telah memberikan pengajaran secara baik. Bapak Kusnul Prianto, ST.,MT.,IPM. selaku kaprodi mengharapkan untuk setiap alumni bangga dengan almamater dan menjaga nama baik almamater Prodi Arsitektur UIN Sunan Ampel Surabaya. Alumni juga diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan prodi baik dalam kegiatan-kegiatan formal maupun informal. Prodi berharap ilmu yang didapatkan oleh mahasiswa menjadi berkah dan bermanfaat secar luas. Sehingga komitmen menghasilkan lulusan Prodi Arsitektur yang Rahmatan Lil’alamin dapat terjaga dan berkelanjutan.