News

STUDIUM GENERALE 2019

STUDIUM GENERALE 2019

Rabo, 18 Desember 2019

Studium Generale
Penguatan Kompetensi dan Profesionalitas Mata Pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah

Pada kegiatan yang bertujuan untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dengan topik-topik yang lebih spesifik seputar Qur’an-Hadits, mahasiswa diajak untuk mulai berpikir bagaimana pembelajaran tidak hanya teoretis tapi juga praktis. Pembelajaran dikelas juga tidak hanya berdasarkan asumsi dan pengalaman belajar masa lalu pengajarnya tapi juga berdasarkan penelitian kontekstual dilapangan.

Untuk mencapai tujuan itu, ke empat pemateri pada hari itu, menyampaikan materi-materi sebagai berikut:

  1. Pada sesi pertama Prof. Dr. H. Aswadi menyampaikan bagaimana perkembangan teknologi saat ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk kegiatan belajar dan penelitian. Lebih khusu beliau mengarahkan untuk memanfaatkan teknologi untuk mengkajiQur’an dan Hadits. Mahasiswa diajak bersama-sama secara berkelompok praktik untuk menggunakan berbagai aplikasi Al-qur’an dan hadits digital untuk membantu mencari rujukan dalam pemecahan masalah tertentu. Disamping itu juga dibahas bagaimana aplikasi-aplikasi digital qur’an dan hadits ini dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar di kelas.
  2. Sementar itu Prof Dr. H. Husniyatus Salamah, memotivasi dan mengarahkan peserta pada topik-topik penelitian yang akan menjadi projek akhir mereka selama menempuh tugas belajar S2 ini.
  3. Pada sesi terakhir Prof. Dr. H. Suyitno, lebih banyak menggaris bawahi hal-hal seputar perlunya seorang guru agama untuk dapat memiliki multi kompetensi. Sehingga dengan demikian mereka akan lebih siap dalam menghadapi pasasr kerja yg selalu berkembang seiring perkembangan teknologi yg begitu cepat. Moderasi dalam beragama juga menjadi pesan yg disampaikan pada kesempatan itu kepada mahasiswa. Semangat mengedepankan islam wasathiyah menjadi topik hangat diskusi malam itu.