News

SBMPTN 2022 DIUMUMKAN HARI INI, UINSA SIAPKAN PAGU 970 ORANG  

SBMPTN 2022 DIUMUMKAN HARI INI, UINSA SIAPKAN PAGU 970 ORANG   

UINSA Newsroom, Kamis (23/06/2022); Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022, diumumkan hari ini, Kamis 23 Juni 2022 Pukul 15.00 WIB. Hasil SBMPTN 2022 bisa diakses di laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau 30 link mirror yang disediakan LTMPT.

Para peserta yang akan melihat hasil pengumuman, caranya:

  1. Klik https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id
  2. Ketik nomor peserta
  3. Masukkan tanggal lahir
  4. Klik lihat hasil
  5. Masuk ke pilihan cetak sertifikat UTBK
  6. Tekan unduh (download) sertifikat UTBK.

Para peserta SBMPTN Tahun 2022 yang dinyatakan lulus di UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, wajib melakukan pengisian borang daftar ulang/dokumen untuk penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) secara online pada laman pmb.uinsby.ac.id/login pada tanggal 26 Juni s.d. 2 Juli 2022.

Caranya:

  1. Gunakan User-ID No peserta SBMPTN dan password tanggal lahir (ddmmyyyy);
  2. Lengkapi biodata dan unggah pas photo dengan latar belakang merah (pas photo pendaftaran SBMPTN). Selesaikan isian biodata dan akhiri dengan klik FINALISASI;
  3. Lanjut Menu DAFTAR ULANG untuk unggah dokumen-dokumen yang disyaratkan.
  4. Pengumuman penetapan UKT tanggal 12 April 2022 dapat dilihat pada akun masing-masing di pmb.uinsby.ac.id/login.
  5. Registrasi mahasiswa baru (pembayaran UKT) dilaksanakan pada tanggal 10-15 Juli 2022.
  6. Calon mahasiswa yang terlambat registrasi akan otomatis dinyatakan mengundurkan diri.

Abdullah Rofiq Mas'ud, SK., MM., selaku Koordinator Bidang Akademik menjelaskan, bahwa pada tahun 2022 terdapat 5.044 peminat UINSA Surabaya dari total 970 pagu yang tersedia. Hal ini menunjukkan bahwa, tingkat persaingan masuk UINSA Surabaya cukup tinggi, mencapai 1:5.

"Daya tampung 970 orang pada jalur SBMPTN ini, sudah termasuk 7% sisa kursi SNMPTN yang tidak terisi, yaitu sebanyak 33 orang yang tidak mendaftar ulang," ujar Abdullah Rofiq.

Abdullah Rofiq juga menjelaskan, bahwa UINSA Surabaya memiliki 21 Prodi Umum pada jalur SBMPTN Tahun 2022. 21 Prodi tersebut tersebar di 8 Fakultas dari total 9 Fakultas yang dimiliki UINSA Surabaya.

“Ada total 22 Prodi Umum di UINSA Surabaya. Satu prodi yang baru kita terima ijin operasional, yaitu Prodi Gizi, pada Fakultas Psikologi dan Kesehatan, akan kita buka untuk seleksi Mandiri Reguler. Mengingat ijin operasionalnya baru kita terima ketika proses seleksi jalur nasional sudah berjalan," terang Abdullah Rofiq.

Sementara untuk kuota penerimaan, Abdullah Rofiq menjelaskan, bahwa UINSA Surabaya menetapkan kuota 25% untuk jalur masuk SNMPTN, 45% untuk SBMPTN, dan 30% Mandiri. Abdullah Rofiq juga menambahkan, berdasarkan tingkat keketatan persaingan Prodi ditempati Prodi Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Psikologi.

Sedangkan dari segi jumlah peminat, tertinggi adalah Psikologi, Manajemen, serta Ilmu Komunikasi. “Psikologi dengan total pagu 79 kursi dikompetisikan oleh 229 orang. Sementara Manajemen yang hanya 54 kursi dikompetisikan oleh 222 orang. Sedangkan ilmu Komunikasi pagunya 63 dengan total peminat 192. Tentu dari angka ini jelas, yang paling ketat tingkat kompetisinya ada di Prodi Manajemen,” terang Abdullah Rofiq. (Nur/Humas)