News

PEMBEKALAN WISUDA KE-96, STRATEGI WIRAUSAHA DI MASA PANDEMI

PEMBEKALAN WISUDA KE-96, STRATEGI WIRAUSAHA DI MASA PANDEMI

UINSA Newsroom, Kamis (16/09/2021); Menjelang pelaksaan Wisuda ke-96 Tahun 2021 UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar Pembekalan Wisuda ke-96 dengan tema, 'Generasi Milenial Menghadapi Dunia Kerja dan Strategi Wirausaha di Masa Pandemi Covid-19.' Kegiatan ini digelar secara virtual melalui media zoom meeting dan disiarkan langsung melalui channel Youtube UINSA OFFICIAL pada Kamis, 17 September 2021.

Hadir sebagai narasumber Pada Pembekalan dan Konsultasi Job Karier kali ini, Pengawas Ketenagakerjaan DISNAKER TRANS Provinsi Jawa Timur, H. Terubus, S.Kep., Ns., SH., M.KKK.; Direktur PT. Pilarmas Diadasa dan Alumni IAIN Sunan Ampel Surabaya 1994, H. Ismail Nachu, S.Ag.; Kepala PUSTIPD UINSA, Dra. Imas Maesaroh, M.Lib., Ph.D.; dan Tim Psikolog UINSA, Lucky Abrory, S.Psi, M.Psi., dan Tatik Mukhoyyaroh, M.Si. 

Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UINSA, Drs. H. Rijalul Faqih, M.Si., dalam sambutan mengucapkan selamat kepada calon wisudawan atas keberhasilan yang telah dicapai di kampus UINSA tercinta ini. Kabiro menyampaikan kepada para calon wisudawan ke-96 untuk bersiap memasuki dunia baru yang akan terjun langsung ke masyarakat.

Selain itu, Kabiro juga menyampaikan bahwa wisuda ke-96 dilakukan secara daring. “Kegiatan hari ini dan Wisuda ke-96 dilakukan secara daring karena keadaan masih pandemi. Namun hal ini tetap tidak mengurangi hikmat acara yang diselenggarakan. Saya pesan kepada kalian agar senantiasa untuk menjaga protokol kesehatan,” jelas Drs. Rijalul Faqih.

Kabiro AUPK berharap, kegiatan ini senantiasa memberikan kemudahan dan calon wisudawan diberikan ilmu yang manfaat untuk diamalkan ditengah masyarakat. "Semoga menjadi generasi yang bisa memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat, bangsa, agama, dan negara,” imbuh Drs. Rijalul Faqih. 

Dalam sesi sharing dan diskusi H. Terubus banyak menyampaikan mengenai perkembangan dunia kerja dalam industri 4.0. “Tingkatkan diri anda dan kompetenkan diri anda. Generasi yang punya kualitas adalah manusia yang bisa survive,” tukas H. Terubus.

Dalam kesempatan ini, Ismail Nachu yang saat ini juga menjabat selaku Wakil Ketua IKA UINSA lebih banyak menyampaikan mengenai kiat sukses Alumni UINSA Surabaya. Direktur Pt. Pilarmas diadasa ini menyampaikan, bahwa ilmu yang paling tepat untuk menjadi pebisnis adalah ilmu agama. Selain itu, Ismail Nachu juga memaparkan bahwa sukses itu ada empat hal. Yakni harta, tahta, kata, dan cinta. “Hidup ini indah. Fabiayyiala irabbikuma tukazziban. Jangan jadikan pandemi sebagai alasan, diluar ada banyak peluang kemajuan dan kesempatan yang besar,” jelas Ismail Nachu.

Paparan selanjutnya disampaikan Dra. Imas Maesaroh mengenai penjelasan terkait treasure study. Para calon Wisudawan diarahkan untuk membuka aplikasi dan melengkapi data dalam treasure study. Hal ini ditujukan untuk melihat progres alumni UINSA yang telah bekerja di berbagai bidang. Konsultasi job karier menjadi agenda penutup dalam kegiatan ini. Konsultasi dan job karier ini diampu Lucky Abrory, S.Psi, M. Psi, Tatik Mukhoyyaroh, M. Si., sebagai Tim Psikolog FKP UINSA. (Nash/Humas)