News

PELEPASAN KONTINGEN UINSA UNTUK OASE PTKI I BANDA ACEH

PELEPASAN KONTINGEN UINSA UNTUK OASE PTKI I BANDA ACEH

UINSA Newsroom, Rabu (24/11/2021); Kontingen UINSA Surabaya untuk Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) PTKI I Se-Indonesia, resmi diberangkatkan usai ceremony pelepasan yang digelar di halaman Gedung Twin Towers UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Selasa, 23 November 2021. Rektor UINSA memimpin langsung pelepasan atas 11 mahasiswa yang akan berlaga mulai 25-28 November 2021 di UIN Ar Raniry Banda Aceh tersebut.

"Saya sangat bangga punya mahasiswa seperti kalian. Karena kalian diantara sekian puluh ribu mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang terseleksi menjadi duta," ujar Prof. Masdar penuh haru.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Muhid, M.Ag., dalam kesempatan ini menyampaikan laporan terkait pelaksanaan OASE PTKI I Se-Indonesia di UIN Ar Raniry Banda Aceh. Diantara laporan yang disampaikan antara lain, UINSA mengikuti 22 cabang Lomba baik daring maupun luring dengan jumlah 45 mahasiswa. Seleksi lomba pun telah dilakukan sejak 23 Oktober-4 November 2021.

Beberapa lomba yang memasuki sesi semifinal dan atau final yakni Lomba Debat Bahasa Arab dan Bahasa Inggris serta Fahmil Quran yang digelar secara daring. Kemudian Lomba Karya Inovasi Literasi dan Inovasi Teknologi, Karya Inovasi Produk Halal dan Ketahanan Pangan, Karya Iovasi sosial Keagamaan, dan Karya Inovasi Astronomi /Ilmu Falak yang digelar secara luring di UIN Ar Raniry Banda Aceh.

“Keempat lomba karya inovasi nanti kita akan menyiapkan stand di tempat lomba. Kemudian ana-anak akan melakukan presentasi di depan juri. Mudah-mudahan dalam presentasi nanti bisa menarik perhatian para juri,” ujar Dr. Muhid melaporkan.

Dilaporkan pula, bahwa total Kontingen UINSA yang berangkat menuju Banda Aceh terdiri dari 11 Mahasiswa, 2 dosen pendamping, 3 official, dan 3 unsur pimpinan. Sedangkan untuk lomba daring di kampus sejumlah 7 orang mahasiswa dalam 3 cabang lomba. “Baik yang daring maupun luring sama-sama bermartabat. Sama-sama unggulnya karena sama-sama mengangkat harkat dan martabat UIN Sunan Ampel Surabaya di depan PTKI seluruh Indonesia,” tukas Dr. Muhid.

Sementara itu, Rektor dalam kesempatan ini menyampaikan rasa bangga dan terharu atas semangat dan capaian para Duta UINSA Surabaya tersebut. Capaian yang telah dilakukan mahasiswa dalam rangka mengharumkan nama UINSA Surabaya di berbagai kancah tersebut pun menjadi kebanggaan tersendiri. “Kalian adalah mahasiswa yang kita seleksi secara sadar untuk mewakili kami keluarga besar UIN Sunan Ampel Surabaya ke ajang pertandingan di tingkat daerah maupun nasional. Syukur-syukur kalau nanti ada perlombaan di tingkat internasional kita coba ikutkan,” ujar Prof. Masdar.

nn

Rektor juga memotivasi para mahasiswa agar senantiasa menumbuhkan kepercayaan diri. “The biggest enemy is within yourself,” imbuh Prof. Masdar. Sehingga penting untuk terus mengatasi rasa inferior dan tidak fokus. “Saya doakan, mudah-mudahan kalian senantiasa diberikan keselamatan, kesehatan, dan keberuntungan sehingga kalian bisa menjalani proses mulai dari A-Z. Bahwa menjadi juara itu tidak terlalu penting, yang terpenting kalian sudah berusaha,” tegas Prof. Masdar.

Dalam kesempatan pelepasan kontingen UINSA Surabaya untuk OASE PTKI I Se-Indonesia ini, Rektor secara khusus juga menerima delegasi Badminton dalam laga Turnamen Insersio Cup East Java Open 2021 yang digelar di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Delegasi UINSA atas nama M. Fino Romadoni dan Berlian Putri Laksono berhasil meraih Medali Emas serta Medali Perak yang diraih Zank Oscario Dewangga dan Nabila putri Arsyillah. Kedua medali tersebut untuk kategori Badminton Ganda Campuran. (Nur-Chy/Humas)