News

PBAK FEBI 2021 : SUPPORT UMKM GO DIGITAL

PBAK FEBI 2021 : SUPPORT UMKM GO DIGITAL

Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2021 dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 2 dan 3 September 2021. Hari pertama dilaksanakan oleh universitas dan hari kedua dilaksanakan oleh fakultas. Pada hari Kamis, 2 September 2021, dilaksanakan PBAK oleh universitas. PBAK ini dilasksanakan secara online melalui platform Zoom Cloud Meeting untuk semua  peserta PBAK 2021 dan beberapa perwakilan panitia PBAK yang melaksanakan tugasnya secara offline/luring di kampus.  Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A., Ph.D selaku Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Pembukaan dimulai pukul 07.00 dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA. Dalam acara PBAK ini ada beberapa narasumber seperti H. Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama RI, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A., Ph.D selaku Rektor UINSA, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si selaku Gubernur Jawa Timur, Irjen Pol. Dr. Nico Afinta Karo-Karo, S.I.K., S.H., M.H. selaku Kapolda Jawa Timur dan masih banyak lagi narasumber-narasumber yang handal dan hebat. Di dalam PBAK ini ada kegiatan Festival PBAK 2021 yang dimana seluruh peserta PBAK 2021 WAJIB membuat video pendek dengan tema “Moderasi Beragama”.

Pada hari kedua, Jum’at 3 September 2021, dilaksanakan PBAK oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui platform Zoom Cloud Meeting untuk semua peserta PBAK FEBI 2021 dan beberapa perwakilan panitia yang berkumpul di Fakultas FEBI. Pembukaan dimulai pukul 07.30 WIB dengan pemutaran video profil dan prestasi fakultas, yang dilanjut dengan beberapa materi dengan narasumber dari jajaran dekanat fakultas. Sahrir, yang diamanahkan menjadi  ketua pelaksana PBAK FEBI 2021 membenarkan “ PBAK diawali oleh pemutaran video profil sehingga mahasiswa baru dapat memahami sekilas terkait fakultas yang akan menjadi tempat pembelajaran mereka nantinya”.  Di dalam PBAK yang dilaksanakan oleh Fakultas, para Mahasiswa baru diberikan penugasan yakni membuat vidio promosi untuk mempromosikan UMKM terdekat di rumah yang nantinya video tersebut akan diupload di aplikasi tiktok dan reels instragram dengan men-tag akun PBAK FEBI, DEMA FEBI dan SEMA FEBI UINSA.

Di tengah pandemi banyak sekali sektor yang terkena dampaknya, salah satunya adalah UMKM. Kebijakan PPKM Darurat yang ditetapkan pemerintah pada tanggal 3 Juli 2021 membuat para pelaku UMKM semakin terpuruk Penugasan ini diberikan sebagai bentuk perwujudan aksi nyata mahasiswa dalam upaya meningkatkan perekonomian bangsa melalui produk-produk UMKM. Royan, selaku Ketua DEMA FEBI mengatakan “Kondisi UMKM yang semakin memburuk akibat dampak dari kebijakan PPKM Darurat telah membangunkan semangat seluruh panitia untuk melakukan gerakan nyata yang berdampak langsung terhadap penjualan UMKM, yakni melalui promosi pada media sosial.”

Perubahan pola kehidupan masyarakat yang beralih pada digitalisasi membuat UMKM harus semakin melek teknologi. Berbagai media sosial dapat dimanfaatkan dalam hal penjualan produk dan promosi membuat upaya ini menjadi semakin bermanfaat. Melalui promosi pada media sosial, diharapkan dapat semakin memperluas jaringan pelanggan dari pelaku UMKM tersebut. “Melalui UMKM Go Digital ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan serta memperluas jaringan agar para pelaku UMKM tersebut tetap dapat survive meski pandemi belum usai” Ujar Chafidz selaku Ketua SEMA FEBI.