News

MEMBAHAS  SISTER CITY, BUPATI LUMAJANG SIAP GANDENG FISIP UINSA

MEMBAHAS  SISTER CITY, BUPATI LUMAJANG SIAP GANDENG FISIP UINSA

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq bersama dengan rombongan, kamis 22 September 2022 berkunjung ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya dalam rangka silaturrahmi dan penjajagan kerjasama sister city dengan mitra luar negeri. Orang nomer satu di Kabupaten Lumajang ini diterima oleh Dekan, Wadek 2 dan Wadek 3.

Kedatangan tokoh muda yang cukup populer di kalangan mileneal ini dalam rangka membahas penjajagan kerjasama sister city antara Lumajang dan salah satu kota di negara bagian Western Australia di mana dalam proses pendampingannya melibatkan FISIP. Pilihan tersebut didasarkan pada kerjasama yang sudah digagas antara Provinsi Jawa Timur dan negara bagian tersebut. Sementara Lumajang akan memgambil bagian dari kota-kota yang berada di bawah negara bagian Western Australia. “Selain pengembangan pariwisata dan permukiman, banyak produk pertanian dan perikanan di Lumajang yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan sangat mungkin untuk dikerjasamakan. Melalui sister city ini diharapkan ada value antara kedua belah pihak”, jelasnya.

Pilihan Bupati Lumajang untuk menjajagi kerjasama dengan FISIP karena di fakultas ini memiliki Prodi Hubungan Internasional dan Ilmu Politik yang cukup dekat dengan isu-isu kebijakan dan isu internasional. Kerjasama tersebut kiranya dapat memperkuat hubungan institusional antara pemerintah Lumajang dan UINSA secara umum.

Sementara itu itu, Dekan FISIP Abdul Chalik menyambut baik harapan dan permintaan dari Bupati Lumajang ini. FISIP memiliki kapasitas yang mumpuni untuk membangun kerjasama seperti ini, serta memiliki pengalaman yang cukup untuk mendampingi pemerintah daerah bila hal tersebut dibutuhkan. Pembentukan dan pendampingan sister city merupakan wujud partisipasi kampus dalam pengembangan masyarakat sesuai dengan ciri UINSA sebagai University Community Engagement (UCE). FISIP sesegera mungkin akan membentuk tim dan mengontak mitra yang selama ini sudah terjalin di beberapa universitas, terutama international hub di Murdoch University dan Curtin University yang berlokasi di Perth (ak).