News

Mahasiswa KPI Gelar Pelatihan Aplikasi Adobe After Effect

Mahasiswa KPI Gelar Pelatihan Aplikasi Adobe After Effect

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UINSA gelar pelatihan editing menggunakan Adobe After Effect di SMKS Islam Al-Amal Surabaya. (21/6)
Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari salah seorang siswi yang mengaku senang mendapatkan kunjungan dan pelatihan dari mahasiswa KPI.

"Saya sangat senang ketika guru menyampaikan bahwa akan ada kakak-kakak mahasiswa yang akan datang ke SMKS Islam Al-Amal Surabaya" ujar Rahmania siswi kelas MM 2.

Tidak hanya Rahmania, Ketua Jurusan Multimedia sekaligus guru SMKS Islam Al-Amal juga menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan ini dapat menambah ilmu baru kepada siswi-siswinya dan akan terus diterapkan hingga mereka lulus. Sebab, aplikasi Adobe After Effect masih terbilang awam di kalangan siswi-siswinya.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini saya harap siswi kami dapat menerima ilmu tersebut dengan baik sampai kelas 12 nantinya, karena ini merupakan tahapan awal mereka untuk mengenal aplikasi Adobe After Effect" ujar Akhya Muhammad Khair, saat diwawancarai kru Araaita.

Pelatihan ini dibimbing langsung oleh mahasiswa KPI, Muhammad Firmansyah yang mengajarkan kepada siswi SMKS Islam Al-Amal tentang ikon-ikon dalam Adobe After Effect dan bagaimana cara mengoperasikannya, yang nantinya, para siswi akan langsung mempraktekkan dengan membuat bumper (video opening) dengan aplikasi tersebut.

Sebagai pemateri sekaligus tutor, ia merasa senang dengan antusias dan energi siswi SMKS Islam Al-Amal yang semangat mebgikuti pelatihan ini dari awal sampai akhir.

"Semangat teman-teman SMKS Islam Al-Amal sangat luar biasa, karena meskipun mereka belum bisa tapi mereka mau berusaha untuk menyelesaikan dan meskipun sempat terjadi kesalahan" ungkapnya.

Perlu diketahui, kegiatan pelatihan ini diusulkan oleh dosen KPI, Ummy Chairiyah, M.I.Kom pengampu mata kuliah Desain Grafis dan Animasi. Ia mengatakan bahwa mahasiswa juga perlu membagikan ilmunya dengan mengabdi kepada masyarakat. Sebab, ilmu yang ia dapat utamanya dalam hal desain grafis dan editing yang menggunakan aplikasi Adobe After Effect masih jarang.

Selain itu, dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat, mahasiswa khusunya dapat melatih dan mengembangkan kompetensi mereka ketika terjun langsung ke lapangan.

‘’Abdimas (pengabdian masyarakat) dapat meningkatkan softskill dalam berkomunikasi. Ketika terjun ke lapangan secara tidak langsung melatih kemampuan dalam menyelesaikan masalah’’, tuturnya.