News

Mahasiswa FISIP UINSA Magang di DPRD Provinsi Jawa Timur

Mahasiswa FISIP UINSA Magang di DPRD Provinsi Jawa Timur

Foto bersama dengan Bapak Dr. H Freddy Poernomo, S.H., M.H, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Komisi A Fraksi Golkar.

 

Magang menjadi suatu kegiatan yang penting dari pembelajaran ketika kuliah karena menjadi wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan diri, menambah pengetahuan mengenai dunia kerja, sekaligus menjadi sarana untuk menjalin kerjasama antar Universitas dengan Instansi tempat mahasiswa magang. Kegiatan magang ini juga menjadi sebuah komitmen dari Prodi Ilmu Politik FISIP UINSA dalam rangka meningkatkan dan mengintegrasikan bidang keilmuan serta implementasinya dalam dunia kerja. Kegiatan magang ini telah berlangsung setiap tahun dari angkatan yang berbeda. Namun, pada tahun 2021 ini pelaksanaan magang cukup berbeda dan sedikit sulit dari biasanya karena masih dalam situasi pandemi covid-19, sehingga dalam pelaksanaan magang ini protokol kesehatan harus tetap dipatuhi. Hal ini dirasakan oleh Chairunnsa, Rara Iftitah  May Rain Ayu, Hasna Nisa’ul Fa’izah dan Putriku Giovanni Ayu N.R.D.U mahasiswa Prodi Ilmu Politik FISIP UINSA yang telah melaksanakan magang di DPRD Provinsi Jawa Timur dengan dosen pembimbing lapangan Ibu Holilah, S.Ag., M.Si. Sebagai dosen pembimbing lapangan, Bu Holilah memberikan pesan kepada mahasiswa agar menjaga protokol kesehatan serta terus menjaga kesehatan selama magang di masa pandemi covid-19 ini.

Kegiatan magang ini berlangsung dari tanggal 10 Agustus-10 September 2021. Sebelum memulai magang para mahasiswa diharuskan untuk melampirkan surat Rapid Test yang menyatakan negatif. Meskipun magang di masa pandemi memiliki banyak tantangan tersendiri namun para mahasiswa ini mendapatkan berbagai pengalaman yang berharga serta berkesan ketika magang di DPRD Provinsi Jawa Timur.

“Selama magang di DPRD Provinsi Jawa Timur saya diberikan banyak kesempatan berharga seperti diizinkan menghadiri Rapat Paripurna dan Rapat Pansus Raperda Pesantren sehingga saya dapat bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan orang-orang penting yang menjalankan pemerintahan di Jawa Timur salah satunya yaitu Bapak Sahat Simanjutak selaku Wakil Ketua II DPRD Provinsi Jawa Timur. Selain itu, dari kegiatan rapat-rapat tersebut saya bisa melihat langsung bagaimana peraturan-peraturan daerah dibentuk dan keterlibatan dari banyak pihak dalam pembentukannya. Pengalaman tersebut sangat bermanfaat dan dapat saya implementasikan ketika mengikuti mata kuliah kebijakan publik di semester 5 ini.” Ungkap Hasna Nisa’ul Fa’izah, mahasiswa Prodi Ilmu Politik yang magang di DPRD Jatim.

Ketika magang di DPRD Jatim para mahasiswa memiliki dosen pamong yang berasal dari instansi magang yaitu Bapak Saji, S.H. Beliau banyak membantu mahasiswa magang dan memberi arahan mengenai hal-hal yang harus dikerjakan oleh mahasiswa magang selama di sana. Selain itu para mahasiswa yang magang di DPRD Provinsi Jawa Timur juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan beberapa anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari komisi A, B dan E. Para anggota DPRD tersebut membagikan pengalaman mereka selama menjalankan fungsi pengawasan dan fungsi legislasi. Salah satunya yaitu Bapak Muzammil Syafi’i, S.H., M.Si selaku anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari komisi A yang membagikan pengalamannya, beliau menjelaskan bahwa dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap peraturan daerah dilakukan dengan kunjungan kerja ke desa-desa melalui pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur lalu bertemu dengan kepala desa untuk berdialog mengenai pelaksanaan peraturan daerah.

Rara Iftitah May Rain Ayu, mahasiswa Prodi Ilmu Politik yang magang di DPRD Jatim berpesan kepada mahasiswa FISIP UINSA yang akan magang di tahun ini, “tetap semangat dan berusaha terus untuk mencari informasi magang. Jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan secara ketat ketika magang karena pandemi covid-19 ini belum berakhir.” ungkapnya.