News

Kunjungan Kerja FST UINSA ke Pemda Banyuwangi dan Stakeholdernya

Kunjungan Kerja FST UINSA ke Pemda Banyuwangi dan Stakeholdernya

FST News Room; Rabu sd Jumat, 15-17 September 2021, Pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi melakukan kunjungan dinas ke Pemerintah Daerah Banyuwangi dan sejumlah stakholder terkait. Ikut dalam rombongan kunjungan ini Dekan, para wakil dekan pimpinan tata usaha dan sejumlah pimpinan jurusan. “Tujuan kami melakukan kunjungan kerja ini dalam rangka ingin untuk menindaklanjuti nota kerjasama antara Rektor UINSA dengan Bupati Banyuwangi beberapa waktu yang lalu, serta kami ingin menggali informasi untuk evaluasi atas beberapa program dan kegiatan oleh civitas akademikia, baik dosen dan mahasiswa di daerah Banyuwangi”, ungkap Dekan FST, Dr. Evi F. Rusydiyah, MAg.

Ada dua SKPD yang dikunjungi, yaitu Badan Perencanaan dan Pembangunan (BAPPEDA) serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). Di Bappeda rombongan diterima oleh Ir. Prasetio Hadi selaku Kabid Litbang Bappeda. Pak Didik (sapaan akrab Prasetio Hadi) banyak menjelaskan tentang program-program prioritas dan strategis di Bayuwangi yaitu program pariwisata, karena banyuwangi mempunyai potensi itu, dan berdekatan dengan pulau Bali. Banyuwangi memiliki potensi daerah yang sangat unggul, memiliki wisata Ijen, Pantai Plengkung serta sentra penyu di Sukomade, yang oleh beliau disebut Diamond Triangle. Beliau sangat menyambut baik silaturahim ini. “Monggo, dikomunikasikan dengan dinas terkait”, paparnya.

Kunjungan selanjutnya ke kantor Disparbud, disambut oleh Sekretaris Dinas Bapak Kholiqul Ridho dan sejumlah kepala bidang dilingkungan Disparbud. “Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sangat membuka untuk dilakukan kerjasama teknis, serta ada nota kerjasama teknis yang bisa ditandatangani kedua pihak”, papar alumni Unisma Malang ini. sebagai informasi FST UINSA serta fakultas-fakultas di UINSA akan mengadakan KKN Luring secara Tematik Ekowisata dan Mitigasi Bencana, pada bulan Juli-Agustus kemarin. Tetapi karena ada peningkatan lonjakan Covid-19 dan diberlakukan PPKM, kegiatan ini urung dilakukan. 

Disamping ke kantor pemerintah, rombongan juga mengunjungi 3 destinasi yang biasa dilakukan magang, pendampingan masyarakat maupun penelitian oleh dosen dan Mahasiswa. pertama, di Area Grand Watu Dodol. Disana ada papan “prasasti” yang berisi informasi kolaborasi antara FST UINSA dengan BPPP Banyuwangi serta komunitas nelayan setempat dan pembudidayaan Lobster sistem keramba. Pada saat kunjungan, ada sejumlah mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan yang melakukan penelitian tugas akhir. Rombongan juga meninjau Bangsring Under Water di kecamatan Wongsorejo. Tempat ini menjadi lokasi bagi mahasiswa Ilmu Kelautan untuk melakukan praktikum lapangan atau magang. Selain itu, rombongan juga meninjau Pantai Cemara yang terletak di Kelurahan Pakis Kecamatan kota. Tempat ini menjadi mitra civitas akademika Prodi Biologi FST UINSA.