News

 “How To Sell Yourself” di Media Sosial

 “How To Sell Yourself” di Media Sosial

Kamis siang tanggal Sep 9, 2021  pukul 13.00 sd 16.00 wib berlangsung  kegaiatan wabinar Promosi FISIP: dalam tema “How To Sell Your Self di Media sosial” yang dihadiri oleh sekitar 90 mahasiswa dan  sekaligus juga Bapak/Ibu dosen serta  tenaga kependidikan di lingkungan FISIP UINSA. Wabiner ini menjadi sebuah kegiatan yang istemewa, karena selain dilaksanakan pada minggu pertama awal perkuliahan di kampus juga karena dihadiri oleh  dua orang nara sumber dari kalangan profesional yakni; akademisi dan praktisi di bidangnya. Nara sumber utama Bpk Ahmad Chalil, MS.i, Ph. D yang merupakan dosen senior FISIB Universitas Trunojoyo Madura dan Bpk Fanny Firmansyah Praktisi sebagai Manajer News Jawa Pos TV Surabaya yang dipandu oleh Moderator Dr. Abid Rohman, S. Ag., M.Pd.I sekretaris Program Studi Sosiologi FISIP UINSA

            Wabiner ini sesungguhnya merupakan agenda Rutin Fakultas yang dikomandani Kepala Labolatorium FISIP  H. Moh, Ilyas Rolis, M. Si. Di dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi, yakni; sesi pertama merupakan pembukaan acara yang didalamnya dipaparkan sambutan Dekan FISIP UINSA Prof. Akh Muzaki Gred Dip SEA. M. Ag., M. Fhil., Ph. D. Dalam sambutannya disampaikan penting bagi para Dosen maupun  Mahasiswa untuk mempelajari dan memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk  branding diri dalam  hal-hal yang positif terutama di era digital ini. Keberadaan berbagi ruang publik di media sosial harus diisi oleh  orang-orang baik termasuk dalam hal ini para dosen dan mahasiswa berkewajian untuk menyampaikan pesan -pesan ‘dakwah edukatif’ yang membawa misi kebaikan di masyarakat.

            Pada sesi kedua, merupakan presentasi pemaparan materi ini dari kedua nara sumber yang menjelaskan tentang bagaimana media sosial ini dapat memberikan kontribusi yang cukup signifikan di dalam misi penyebaran nilai-nilai kebaikan, dakwah, edukatif, juga sarat dengan adanya berbagai kepentingan bagi siapa pun yang menggunakan media itu dalam aspek sosial, keagaman maupun politik, baik  yang bersifat profit mengharapkan keuntungan materi, maupun kegiatan yang bermotif non profit (tidak berharap keuntungan materi) sekalipun,  ataupun juga kepentingan-kepentingan lain tertentu termasuk ‘politik marketing’. Dalam sesi ini juga dijelaskan wawasan dalam aspek hukum maupun teknik merketting di bidang media, yang memberikan motivasi bagi para peserta untuk bisa bersikap ‘smart’ di dalam menggunakan media sosial di era digital ini. Para peserta juga mendapatkan wawasan baru dalam hal penggunaan gadget sebagai  media sosial, apa  keuntungan, resiko, dan bahaya-nya di masa yang akan datang. 

Pada sesi ketiga dalam kegiatan ini ditayangkan produk video film pendek, karya dari para mahasiswa baru FISIP UINSA yang telah mendapatkan penilaian dari dewan juri dalam even LOMBA PROMOSI FISIP: HOW SELL YOUR SELF IN MEDIA SOCIAL pada saat pelaksannan PBAK FISIP UINSA tahun 2021. Dari hasil penilaian dewan juri diputuskan bahwa para mahasiswa FISIP UINSA berikut dinyatakan sebagai pemenag dalam lomba kali ini antara lain; pertama,  Pradipta Bima Sanjaya  sebagai jura ke-I dengan total hadian uang pembinaan sebesar Rp. 1.500.000,- Kedua; saudarai Shafira Zwilinda merupakan juara ke-II dengan total hadiah dana pembinaan sebesar Rp. 1.100.000,-  ketiga, saudari  Putri Puji Lestari sebagai pemenag lomaba ke -III dengan total hadiah dana pembinaan sebesar Rp. 950.000,-  keempat, saudari Inayah De Belianti sebagai juara harapan ke-I dengan total hadiah dana pembinaan sebesar Rp. 850.000,- dan saudara Yoyok Pramono sebagai juara harapan ke-II dengan mendapatkan hadiah dana pembinaan sebesar Rp 500.000,-

Kegaiatan ini tentu tidak akan berhenti di sini sebagaimana disampaikan oleh Ibu wakil Dekan FiISIP UINDA Dr. Hj. Wiwik Setyani, M. Ag dalam sesi pembagian hadiah bagi para pemenang lomba tahun ini. Pemberian penghargaan bagi para mahasiswa juara ini diharapkan memberikan stimulus bagi para mahasiswa FISIP UINSA khususnya untuk dapat berkarya lebih baik lagi di masa yang akan datang (Abid)