News

Haflah Miladiyah Fakultas Sains Dan teknologi Uin Sunan Ampel Surabaya Mengadakan Webinar “Arah Pengembangan Penelitian Bioteknologi Nano”

Haflah Miladiyah Fakultas Sains Dan teknologi Uin Sunan Ampel Surabaya Mengadakan Webinar “Arah Pengembangan Penelitian Bioteknologi Nano”

Rabu, 6 Oktober 2021 Fakultas Sains dan Teknologi Beserta Jajaran Pengurus Dema (Dewan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Sains dan Teknologi menyelenggarakan Webinar dengan tema  “Arah Pengembangan Penelitian Bioteknologi Nano” sebagai puncak acara kegiatan Haflah Miladiyah Fakultas Sains dan Teknologi ke – 8. Sebelum acara puncak webinar panitia mengadakan berbagai lomba tingkan se Fakultas Sains dan Teknologi seperti : Lomba OSKI (Olimpiade Sains dan Karya Inovasi), Lomba Pidato, Lomba MTQ dan Lomba Video Promosi Fakultas Sains dan Teknologi. Tujuan dari ajang perlombaan tersebut adalah agar dapat mengetahui potensi dan kreativitas masiswa Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya. “kepada para juara OSKI diharapkan bisa mewakili Fakultas Sains dan Teknologi dalam Lomba OASE(Online Academic Service for E-Learning) di Aceh” Tutur Dr.Evi Fatimatur Rusyidiah.M.Ag selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Webinar dipandu oleh Ketua Lab Integrasi, ibu Eva Agustina, M.Si dan menghadirkan 2 (dua) pemateri. Pemateri yang pertama, Prof. Dra. Fatchiyah M.Kes.P.hD menyatakan bahwa Penelitian dan penerapan di bidang teknologi nano telah berkembang pesat dalam dekade terakhir. Kelebihan material nano adalah memiliki kekuatan sifat elektrik dan optik yang lebih bagus. Aplikasi teknologi nano semakin berkembang diantaranya dalam bidang industri otomotif, kimia, teknik, elektronik, konstruksi, tekstil, energi, kesehatan dan masih banyak lainnya. Sebagai contoh aplikasi material nano dalam bidang kesehatan dalam pembuatan obat yang berukuran nano sehingga lebih mudah untuk menjangkau sel target dengan cepat dan akurat. Perkembangan teknologi nano didukung oleh instrumen-instrumen yang semakin canggih untuk mengkarakterisasinya, seperti Scanning Electron Microscope (SEM) untuk mengetahui morfologi dan ukuran partikel,  X-Ray Diffraction (XRD) untuk mengetahui struktur dan kristalinitas, Partikel size analyzer (PSA) untuk mengetahui distribusi dan ukuran partikel dan masih banyak instrumen lainnya pendukung riset teknologi nano.

Adapun pemateri webinar yang kedua menghadirkan pembicara dari kalangan DUDI (dunia Usaha dan Dunia Industri), yakni bapak Habib Musthofa.ST dari FMM (Fajar Mas Murni) dengan tema “Peran Dunia Usaha (FMM) dalam mendukung perguruan Tinggi menuju MBKM”. Dalam pemaparannya, beliau menyatakan bahwa PT. FMM siap memberikan dukungan terhadap aktifitas pembelajaran yang berbasis riset baik yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya.  Selama ini perusahaan telah bekerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi terkemuka diantaranya UI, ITS, UNAIR, UNIBRAW, UPN, UNEJ terkait pemanfaatan teknologi penelitian di bidang Biologi dan Material, diantaranya Scanning Electron Microscope (SEM) HITACHI SU 3500 Japan, Tissue Processing VIP 1 - Sakura Finetek Japan, Fluorescent Microscope with High Resolution BX 53 - DP 74 Olympus Japan.

Kegiatan ini berlangsung melalui zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui Facebook Fakultas Sains dan teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya, diikuti oleh hampir 500 peserta baik dari mahasiswa maupun peserta umum. Acara berlangsung dari pukul 08.00 – 12.00 WIB. Di akhir acara, dilaksanakan pemberian simbolis bantuan UKT terhadap mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi yang berduka karena kehilangan orang tuanga akibat dampak pandemi Covid’19. Bantuan tersebut merupakan hasil penggalangan dana dari sivitas akademik Fakultas Sains dan teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya.