News

Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA Gelar Kick-Off Program FPK Menyapa Warga Sekitar Kampus Gunung Anyar

Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA Gelar Kick-Off Program FPK Menyapa Warga Sekitar Kampus Gunung Anyar

Tambak Sumur, Sidoarjo - Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya telah melaksanakan "Kick Off" dan Sosialisasi Program FPK Menyapa sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 

 

Launching dan Sosialisasi FPK Menyapa diselenggarakan pada hari Kamis, 22 September 2022 yang bertempatan di Balai Desa Tambak Sumur, Waru, Sidoarjo. Kegiatan tersebut dimulai pukul 09.30 WIB dan dihadiri oleh warga sekitar Tambak Sumur seperti perwakilan dari posyandu, PKK, kader kesehatan, dan beberapa instansi pendidikan. 

 

Pengisi acara Kick Off FPK Menyapa yaitu Prof. Dr. Abdul Muhid selaku Dekan FPK UINSA dan Mas'ud selaku Kepala Desa Tambak Sumur. Dosen yang menghadiri acara ini diantaranya Syafruddin Faisal Thohar, M.Psi., Psikolog; Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi, Psikolog; Prof. Dr. Rubaidi, M.Ag.; Sri Hidayati L, SKM, M. Kes.; Endang Wahyuni, S.Ag, M.Psi.; Mei Lina Ftri Kumalasari, SST., M. Kes.; dan Estri Kusumawati,M. Kes selaku utusan Prodi Psikologi dan Gizi. 

 

Prosesi kegiatan ini berjalan dengan lancar. Diawali dengan pelaksanaan briefing sosialisasi dan mapping singkat oleh pihak Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA dengan perangkat desa Tambak Sumur. Acara dilanjutkan dengan pembukaan, sambutan Dekan, sambutan Kepala Desa, penandatanganan dan serah terima MoU FPK Menyapa, kemudian ditutup dengan rangkaian akhir acara sosialisasi posyandu remaja. 

 

"Dengan hadirnya kampus UIN yang baru serta program FPK Menyapa, kami bertekad menebar kemuliaan dan manfaat yang besar bagi masyarakat. Mohon dukungan dan kerjasama dari perangkat desa juga masyarakat setempat", tutur Prof. Dr. Abdul Muhid selaku Dekan FPK UINSA. 

 

Bentuk-bentuk kegiatan FPK Menyapa nantinya meliputi psikoedukasi, penyuluhan, sosialisasi program-program terkait kesehatan, pemberdayaan psikologis, pendampingan anak dan remaja, pendampingan lansia, dan, konseling dan psikoterapi, pendampingan psikologis, dan penguatan sosial-keagamaan. 

 

Mas'ud selaku Kepala Desa Tambak Sumur mengucapkan terima kasih kepada pihak kampus atas adanya FPK Menyapa. 

 

"Saya sangat berterima kasih terhadap Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya dapat melaksanakan program yang merujuk pada psikologis, khususnya orang tua dan remaja akibat adiksi gadget", tutur Mas'ud selaku Kepala Desa Tambak Sumur. 

 

Program FPK Menyapa diharapkan mampu berjalan dengan konsisten dan lancar, menjalin relasi dan keakraban dengan masyarakat, juga menebarkan banyak kebermanfaatan untuk sekitar. (ODR) 

 

#FPKUINSA

#UINSASurabaya

#FPKProgram

#FPKMenyapa

#PengabdianMasyarakat

#psikoedukasi #penyuluhan #sosialisasi